Mufidah (2011) Penerapan model belajar STAD dalam meningkatkan pemahaman konsep himpunan dan aplikasinya di SMPN I Poncokusumo Kabupaten Malang / Mufidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. dan (II) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata Kunci Pembelajaran STAD Pemahaman Konsep Himpunan dan Aplikasinya. Salah satu kendala utama dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya antusias peserta didik untuk belajar. Selama ini model pembelajaran yang sering digunakan adalah ceramah tanya jawab dan pemberian tugas yang ternyata masih belum cukup untuk membuat peserta didik memahami matematika secara bermakna. Oleh karena itu perlu penggunaan model pembelajaran yang lebih mengutamakan keaktifan peserta didik dan memberinya kesempatan mengembangkan potensinya secara maksimal. Pembelajaran yang memungkinkan peserta didik aktif secara maksimal memahami matematika secara bermakna adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD peserta didik dibagi ke dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 5 orang bersifat heterogen dalam jenis kelamin kemampuan akademik maupun etnik serta menempuh tahapan tertentu yaitu persiapan penyajian materi belajar berkelompok tes individual serta penghargaan kelompok. Pengalaman mengajar selama bertahun-tahun di SMPN 1 Poncokusumo menunjukkan pemahaman konsep himpunan dan aplikasinya masih tergolong rendah. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif model pembelajaran tipe STAD dengan rancangan penelitian tindakan kelas untuk pemahaman konsep himpunan dan aplikasinya. Fokus dari penelitian ini adalah untuk merancang RPP dan mendeskripsikan pembelajarannya dengan model STAD serta pelaksanaannya untuk meningkatkan pemahaman konsep himpunan dan aplikasinya menunjukkan hasil belajarnya serta untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif model STAD yang dapat meningkatkan pemahaman konsep himpunan dan aplikasinya memiliki 3 tahap yaitu (1) Pendahuluan (2) Kegiatan inti yang meliputi penyampaian materi belajar kelompok dan presentasi dan (3) Penutup yang meliputi tes individual dan penghargaan kelompok. Penerapan pembelajaran model STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep himpunan dan aplikasinya sebesar 10 51%. Respon peserta didik terhadap pembelajaran model STAD sangat positif peserta didik menyukai model pembelajaran tersebut. Dari penelitian ditemukan adanya peserta didik yang tidak teliti saat mengerjakan soal pada LKPD maupun tes individual. Pemberian penghargaan kelompok merangsang peserta didik untuk bekerja keras dalam meningkatkan poin individu yang selanjutnya berpengaruh pada poin peningkatan kelompok. Dari tindakan I terdapat 2 kelompok yang tidak mendapatkan penghargaan. Pada tindakan II semua kelompok sudah mendapatkan penghargaan. Pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai beberapa hambatan disarankan guru mempersiapkan rencana pembelajaran dengan baik dan memahami setiap rangkaian tahap pembelajaran yang dilakukan. Disarankan bagi guru untuk menjadikan pembelajaran kooperatif model STAD sebagai suatu pembelajaran alternatif yang layak dipertimbangkan dalam pembelajaran materi himpunan di SMP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |