Pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Boyolangu-Tulungagung tentang barisan dan deret / Pujiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Boyolangu-Tulungagung tentang barisan dan deret / Pujiono

Pujiono (2011) Pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Boyolangu-Tulungagung tentang barisan dan deret / Pujiono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Matematika Pro-gram Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M. Sc. dan (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M. Si. Kata Kunci Barisan dan Deret Aritmetika Penemuan Terbimbing Berkelompok Hasil pengamatan peneliti terkait dengan hasil tes materi Barisan dan Deret Aritmetika pada tahun pelajaran 2009/2010 menunjukkan bahwa siswa belum men-capai ketuntasan klasikal dan hasil diskusi dengan guru bidang studi matematika SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung maka diperlukan suatu cara dalam upaya me-ningkatkan kompetensi siswa yang salah satunya melalui pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 SMK Negeri 3 Boyolangu-Tulungagung tahun pelajaran 2010/2011 pada materi Barisan dan Deret Aritmetika. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Subjek wawancara dipilih 6 siswa yang ter-diri dari 2 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak berkomunikasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode penemuan terbimbing secara ber-kelompok dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Pada tindakan I hasil pengamatan aktivitas siswa rata-rata sebesar 84 09% atau berada pada kategori baik sedangkan pada tindakan II aktivitas siswa rata-rata sebesar 85 12% atau berada pada kategori sangat baik. Nilai akhir pada tindakan I siswa yang tuntas adalah 88 57% sedangkan pada tindakan II siswa yang tuntas sebesar 97 14%. Data di atas menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing berkelompok dika-takan dapat meningkatkan kompetensi siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing berkelompok materi Barisan dan Deret Aritmetika sangat positif. Saran yang diberikan adalah (1) Karena pembelajaran dengan metode pene-muan terbimbing berkelompok terbukti dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran maka diharapkan pada pengajar (guru) untuk menggunakan metode pembelajaran tersebut di kelas (2) Bagi tenaga pengajar (guru) yang tertarik menggu-nakan pembelajaran metode penemuan terbimbing berkelompok seyogyanya mem-pertimbangkan hal-hal seperti pemahaman siswa tentang materi prasyarat dan keter-sediaann waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran (3) Pada pembentukan ke-lompok sebaiknya siswa dipilih oleh guru secara heterogen untuk memeratakan ke-mampuan siswa (4) Bagi peneliti lain yang berminat menggunakan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing berkelompok dapat mengembangkannya lebih lanjut untuk pelajaran matematika pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110207

Actions (login required)

View Item View Item