Pembelajaran dengan strategi react bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lumajang untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika / Abdul Ghoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan strategi react bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lumajang untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika / Abdul Ghoni

Ghoni, Abdul (2011) Pembelajaran dengan strategi react bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lumajang untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika / Abdul Ghoni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jurusan Pendidikan Matematika. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A (2) Dr. Makbul Muksar M. Si. Kata Kunci Pembelajaran dengan strategi REACT Aktivitas Belajar Matematika. Berdasarkan hasil observasi secara langsung pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Lumajang diketahui bahwa aktivitas belajar matematika yang meliputi aspek lisan mendengarkan menulis mental dan aspek emosional terhadap proses pembelajaran matematika di kelas masih kurang. Guru masih mendominasi kelas dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan aktivitas didalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang demikian menyebabkan siswa menjadi pasif. Adanya ketidakserasian antara aktivitas fisik aktivitas mental dan aktivitas emosional siswa dalam pembelajaran dan juga aktivitas-aktivitas tersebut tidak saling terkait. Permasalahan tersebut berdampak pada prestasi hasil belajar siswa yang tidak optimal yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Untuk itu perlu dirancang suatu strategi pembelajaran yang yang berorientasi pada aktivitas siswa. Selanjutnya disepakati penggunaan strategi REACT pada pembelajaran matematika yang untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada prestasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan strategi REACT yang dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lumajang. Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi REACT melalui beberapa tahap yaitu 1) tahap awal 2) tahap inti 3) tahap akhir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan tindakannya berupa penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi REACT yang meliputi strategi Relating (mengaitkan) Experiencing (mengalami sendiri) Applying (menerapkan) Cooperating (bekerja sama) dan Transferring (mentransfer) yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika. Pada penelitian ini jika hasilnya tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan maka akan dilanjutkan dengan siklus berikutnya dan pada setiap akhir tindakan diberikan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Lumajang tahun 2010/2011. Jumlah subyek 20 siswa yang terdiri dari 6 siswa putra dan 14 siswa putri. Materi yang diberikan adalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 18.06% dari 67.25% (kriteria baik) pada siklus I menjadi 83.31% (kriteria sangat baik). Hasil lain dari penelitian ini adalah peningkatan prestasi hasil belajar pada akhir siklus. Persentase ketuntasan klasikal meningkat sebesar 20% dari 75% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi REACT selain dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa ternyata juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan lebih bermakna sehingga pemahaman siswa terhadap konsep yang diberikan guru akan bertahan lama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110205

Actions (login required)

View Item View Item