Peningkatan aktivitas siswa dan kemampuan pemecahan masalah jarak pada dimensi tiga melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI di SMAN I Bangil / Trie Koerniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas siswa dan kemampuan pemecahan masalah jarak pada dimensi tiga melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI di SMAN I Bangil / Trie Koerniawati

Koerniawati, Trie (2011) Peningkatan aktivitas siswa dan kemampuan pemecahan masalah jarak pada dimensi tiga melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI di SMAN I Bangil / Trie Koerniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj Cholis Sa dijah M.Pd M.A dan (2) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Aktivitas siswa Pemecahan Masalah Jarak Kenyataan menunjukkan salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika di SMA adalah materi dimensi tiga yaitu kemampuan pemecahan masalah dalam menentukan jarak antara titik dengan titik jarak antara titik dengan garis dan jarak titik dengan bidang pada bangun ruang kubus balok ataupun limas sangat sulit dipahami oleh siswa. Selain itu pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru dan berorientasi mencapai target kurikulum sehingga menyebabkan guru kurang memiliki waktu yang cukup untuk membimbing siswanya secara individu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan kemampuan pemecahan masalah jarak pada dimensi tiga. Pembelajaran Kooperatif tipe TAI yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan bauran kemampuan empat anggota yang berbeda dan memberikan sertifikat untuk tim dengan kinerja terbaik dan mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran individual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas sebagai subyek penelitiannya adalah siswa kelas Xd SMAN Bangil Tahun Ajaran 2009-2010 sebanyak 35 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2010 dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelasanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Data penelitian meliputi (1) skor hasil validasi terhadap perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian (2) skor hasil tes awal kuis dan tes akhir (3) skor aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran dan (4) hasil wawancara terhadap subjek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) validator (2) observer (3) subjek penelitian dan (4) hasil wawancara siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran koope - ratif tipe TAI mampu meningkatkan aktivitas siswa dan kemampuan pemecahan masalah pada bangun ruang kubus balok dan limas. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah jarak pada dimensi tiga secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 17 1%. Terbukti dengan meningkatnya hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah secara klasikal pada siklus I adalah 68 6% dan siklus II adalah 85 7%. Hasil observasi aktivitas siswa dari kedua observer selama proses pembelajaran rata-rata meningkat pada setiap pertemuan hingga memenuhi kriteria keberhasilan proses yaitu 88%. i Temuan dalam penelitian ini memberikan beberapa saran terkait dengan peningkatan aktivitas siswa dan kemampuan pemecahan masalah jarak pada dimensi tiga melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI yaitu (1) sebaiknya dalam pengamatan aktivitas siswa menggunakan lebih dari dua observer agar pengamatan aktivitas selama pembelajaran berlangsung lebih akurat (2) LKS pada tiap selesai pembelajaran hendaknya diberikan siswa untuk membantu belajar kembali di rumah sebagai persiapan mengikuti kuis atau tes akhir (3) Model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif model pembelajaran di kelas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110202

Actions (login required)

View Item View Item