Pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar barisan dan deret siswa SMP N 2 Pandaan / Warnoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar barisan dan deret siswa SMP N 2 Pandaan / Warnoto

Warnoto (2011) Pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar barisan dan deret siswa SMP N 2 Pandaan / Warnoto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Megister Pendidikan Matematika RSBI Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof.Dr. Ipung Yuwono M.Sc (2) Dr. Hery Susanto Msi. Kata kunci Barisan dan deret Meningkatkan hasil belajar Think Pair Share Berdasar hasil pengamatan sebelum penelitian diketahui bahwa kualitas proses dan hasil belajar siswa SMPN 2 Pandaan masih dikatakan rendah Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi barisan dan deret melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Pandaan pada bulan Juli- September 2010. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu menyusun rencana tindakan melakukan tindakan observasi/pengamatan dan refleksi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX G SMPN 2 Pandaan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share . Dengan rincian sebagai berikut (1) tahap Think siswa diminta untuk mengerjakan soal pada LKS secara individu (2) tahap Pair siswa diminta untuk mengerjakan soal pada LKS dengan cara berpasangan dengan teman terdekatnya atau kelompoknya (3) pada tahap Share guru akan memanggil satu orang siswa diminta untuk presentasi didepan kelas untuk menerima pertanyaan temannya dalam hal mengerjakan LKS dan siswa yang lain bisa saring jawaban LKS yang telah dikerjakan pada tahap Think dan Pair. Peningkatan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret ditentukan dari pembelajaran siklus 2 yang ditentukan empat komponen yaitu (1) Hasil observasi aktivitas siswa adalah pada pertemuan ke-3 semua observer member nilai kategori sangat baik pada pertemuan ke-4 sama semua observer memberi nilai sangat baik baik. (3) Hasil tes ke-3 rata-rata kelas 80 6 kriteria penguasaan sangat baik untuk tes ke-4 rata-rata 81 5 kriteria penguasaan sangat baik. (4) hasil wawancara menunjukan bahwa siswa bisa memecahkan masalah dalam membentuk rumus sendiri yaitu siswa tahu pada langkah mana siswa salah dan akhirnya bisa membetulkan sendiri walaupun masih ada yang minta bantuan temannya (4) hasil kerja LKS siswa sudah dapat mentukan rumus sendiri walaupun dalam tahap yang berbeda yaitu Think Pair share . Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa SMPN 2 Pandaan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110200

Actions (login required)

View Item View Item