Nugroho, Tri Adjie (2011) Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Pogalan / Tri Adjie Nugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc dan (2) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si Kata-kata Kunci Pembelajaran Matematika Realistik Motivasi Hasil Belajar Program Linier. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang terjadi di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Pembelajaran yang terjadi masih berpusat pada guru sehingga siswa hanya bekerja secara prosedural dan memahami matematika tanpa penalaran. Guru biasanya menyajikan materi terlebih dahulu kepada siswa kemudian memberikan contoh soal dan selanjutnya memberikan soal-soal latihan kepada siswa. Rata-rata siswa kelas X SMK Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran 2009/2010 memiliki motivasi belajar yang masih rendah dan nilai ulangan harian materi program linier hanya 60% siswa yang mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan. Dengan memperhatikan permasalahan-permasalahan yang telah dipaparkan di atas maka perlu dilakukan upaya pengembangan strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan mengaitkan ide-ide matematika dengan realitas disekitar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik. Pembelajaran matematika realistik dalam penelitian ini adalah pembelajaran melalui Pendidikan Matematika Realistik(PMR) Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Data penelitian meliputi (1) skor hasil tes (2) skor hasil pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran (3) skor hasil angket motivasi siswa dan (4) hasil wawancara terhadap subjek penelitian. Penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi program linier. Ketuntasan klasikal tes akhir meningkat dari siklus I ke siklus II hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II hasil angket motivasi awal siswa dan angket motivasi akhir siswa menunjukkan peningkatan. Beberapa temuan pada penelitian ini adalah (1) Kesulitan siswa umumnya terletak pada saat mengubah soal cerita ke model matematika dan menggambar grafik (2) Siswa merasa senang belajar materi program linier melalui pembelajaran matematika realistik. Hal ini dikarenakan permasalahan yang diberikan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajarinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |