Penggunaan learning assignment-inquiry berbantuan software geogebra untuk mengefektifkan pembelajaran grafik fungsi trigonometri di SMK Negeri 1 Singosari / Agus Triedi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan learning assignment-inquiry berbantuan software geogebra untuk mengefektifkan pembelajaran grafik fungsi trigonometri di SMK Negeri 1 Singosari / Agus Triedi

Triedi, Agus (2011) Penggunaan learning assignment-inquiry berbantuan software geogebra untuk mengefektifkan pembelajaran grafik fungsi trigonometri di SMK Negeri 1 Singosari / Agus Triedi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (2) Dr. rer. nat I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Learning Assignment - Inquiry Software Geogebra Pembelajaran Efektif Grafik Fungsi Trigonometri. Pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimanakah pembelajaran grafik fungsi trigonometri yang efektif menggunakan Learning Assignment - Inquiry berbantuan Software Geogebra di SMK Negeri 1 Singosari . Sejalan dengan pertanyaan penelitian maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi pembelajaran grafik fungsi trigonometri yang efektif menggunakan Learning Assignment-Inquiry berbantuan Software Geogebra di SMK Negeri 1 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI OTR-2 SMK Negeri 1 Singosari. Hasil Penelitian diperoleh informasi bahwa efektifitas penggunaan Learning Assignment Inquiry berbantuan Software Geogebra dalam pembelajaran grafik fungsi trigonometri ditunjukkan dengan hasil (1) ketuntasan belajar siswa sangat baik (97%) (2) aktivitas guru dalam kategori sangat baik (93%) (3) aktivitas siswa dalam kategori baik (89%) dan (4) respon siswa dalam kategori sangat baik (91%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Learning Assignment Inquiry berbantuan Software Geogebra mengefektifkan pembelajaran grafik fungsi trigonometri di SMK Negeri 1 Singosari. Pembelajaran yang efektif memiliki karakteristik (1) perencanaan perangkat pembelajaran yang valid (2) aktivitas guru dalam melakukan proses pembelajaran sesuai dengan perencanaan (3) siswa aktif berpartisipasi berkolaborasi bertanya kepada teman maupun guru dan menyampaikan argumentasi (4) siswa mampu melakukan investigasi dan kontruksi pengetahuan (5) respon siswa baik dan (6) diperoleh ketuntasan belajar minimal 85% dari seluruh siswa. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan pada sekolah lain atau materi lain sehingga diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektifitas pembelajaran dengan menggunakan Learning Assignment Inquiry berbantuan Software Geogebra. Bagi guru matematika disarankan untuk menerapkan pembelajaran menggunakan Learning Assignment Inquiry berbantuan Software Geogebra pada pokok bahasan lain dengan karakteristik yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110197

Actions (login required)

View Item View Item