Penerapan grup investigasi untuk memahamkan operasi pecahan pada siswa kelas VII-A di SMP Negeri 4 Kepanjen dengan menggunakan pita pecahan / Ulfiah Falufi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan grup investigasi untuk memahamkan operasi pecahan pada siswa kelas VII-A di SMP Negeri 4 Kepanjen dengan menggunakan pita pecahan / Ulfiah Falufi

Falufi, Ulfiah (2011) Penerapan grup investigasi untuk memahamkan operasi pecahan pada siswa kelas VII-A di SMP Negeri 4 Kepanjen dengan menggunakan pita pecahan / Ulfiah Falufi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemahaman Operasi pecahan Grup Investigasi Pita pecahan Pecahan merupakan materi matematika di SMP yang masih perlu untuk dikaji meskipun materi ini telah diajarkan di SD. Walle (2008 286) mengemukakan pecahan selalu menjadi tantangan yang berat untuk siswa bahkan di tingkat pertengahan (midlle grades/SMP). Hal serupa juga terjadi di SMP Negeri 4 Kepanjen skor rata-rata ulangan harian materi pecahan kelas VII- D tahun pelajaran 2009/2010 hanya mencapai 56 dan hanya 4 siswa (dari 24 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) matematika yaitu 75. Salah satu alternatif metode mengajar yang melibatkan siswa secara aktif dalam mengorganisasikan dan menemukan hubungan-hubungan dari informasi yang diperoleh adalah Grup Insvestigasi (GI). Mengingat siswa SMP kemampuan berfikir masih terkait dengan benda-benda konkret/semikonkret dan belum mampu berfikir deduktif secara sempurna maka untuk mempermudah dalam menginvestigasi peneliti menggunakan model yaitu pita pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh paparan yang jelas tentang pembelajaran operasi pecahan yang menerapkan Grup Investigasi dengan menggunakan pita pecahan yang dapat memahamkan siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus pada siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan pada siklus kedua terdiri satu pertemuan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A SMPN 4 Kepanjen yang terdiri dari 29 siswa. Dari hasil penelitian langkah-langkah pembelajaran yang dapat memahamkan siswa terdiri dari enam tahap yaitu (1) mengidentifikasi topik dan mengatur siswa dalam kelompok (2) merencanakan tugas yang akan dipelajari (3) melaksanakan investigasi (4) menyiapkan laporan akhir (5) mempresentasikan laporan akhir dan (6) evaluasi. Bagi guru yang ingin menerapkan Grup Investigasi dalam pembelajaran matematika disarankan untuk memberikan latihan soal yang bervariasi yang bertujuan untuk lebih memantapkan pemahaman yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110196

Actions (login required)

View Item View Item