Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk memahamkan materi persamaan kuadrat pada siswa kelas X SMK Negeri I Blitar / Ronald Adhinata

Adhinata, Ronald (2011) Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk memahamkan materi persamaan kuadrat pada siswa kelas X SMK Negeri I Blitar / Ronald Adhinata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Kooperatif, Jigsaw, Memahamkan, Persamaan Kuadrat Berdasarkan pengalaman peneliti, hasil tes yang menunjukkan bahwa materi Persamaan Kuadrat pada tahun pelajaran sebelumnya belum mencapai ketuntasan klasikal, karakteristik siswa SMK Negeri I Blitar, dan hasil diskusi dengan guru matematika SMK tersebut maka diperlukan suatu cara dalam upaya memahamkan siswa tentang materi Persamaan Kuadrat yang salah satunya melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan desain pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dapat memahamkan siswa tentang materi Persamaan Kuadrat. Hasil Penelitian di SMK Negeri I Blitar menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan langkah-langkah pembentukan kelompok asal, pembentukan kelompok ahli, penyajian materi oleh guru, penyajian tugas oleh guru, diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, kuis/tes, dan pemberian penghargaan kelompok. Pada siklus I hasil pengamatan aktivitas siswa rata-rata sebesar 84 % atau berada pada kategori baik, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa rata-rata sebesar 87,34% atau berada pada kategori baik. Nilai akhir pada siklus I siswa yang tuntas adalah 86,11%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebesar 91,67 %. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sangat positif yang berarti siswa merasa bahwa belajar kooperatif tipe Jigsaw adalah menyenangkan, tidak membosankan, dan dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Dari data di atas menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikatakan berhasil. Saran yang diberikan adalah (1) Bagi pengajar (guru) yang akan menggunakan pembelajaran tipe Jigsaw seyogyanya mempertimbangkan hal-hal seperti : kesiapan guru karena pada pembelajaran Jigsaw, para siswa di kelompok asal membahas sub-sub materi yang berbeda-beda, dan ketersediaan waktu yang cukup banyak untuk kegiatan pembelajaran, (2) Bagi peneliti lain yang menginginkan menggunakan pembelajaran tipe Jigsaw, dapat mengembangkannya lebih lanjut untuk pelajaran matematika pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110192

Actions (login required)

View Item View Item