Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk memahamkan operasi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMPN 5 Malang / Hendri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk memahamkan operasi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMPN 5 Malang / Hendri Lestari

Lestari, Hendri (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk memahamkan operasi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMPN 5 Malang / Hendri Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Operasi Bilangan Bulat. Pembelajaran yang memberikan pebelajar aktif membangun pengetahuan matematika secara bermakna dapat terwujud dalam pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif yang paling sederhana adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Pembelajaran Kooperatif tipe STAD adalah pembelajaran kooperatif yang membagi siswa dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang siswa yang bersifat heterogen dalam kemampuan akademik dan jenis kelamin. Adanya nilai rata-rata ulangan harian matematika pada materi operasi bilangan bulat yang selalu kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) setiap tahun berdasarkan pengalaman pengajar yang mengajar selama bertahun-tahun dan pengakuan beberapa praktisi pendidikan matematika dilapangan dapat diketahui bahwa siswa SMP Negeri 5 Malang kurang memahami secara baik dan benar materi operasi bilangan bulat. Keprihatinan ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang difokuskan pada (1) operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (2) operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat. Pembelajaran Kooperatif tipe STAD merupakan salah satu strategi pembelajaran konstruktivis. Oleh karena itu penyajiannya di kelas diupayakan agar siswa aktif membangun pengetahuannya sendiri. Pengetahuan selanjutnya di bangun oleh siswa dengan cara bekerja sama dengan teman dalam satu kelompok. Setiap siswa di tuntut untuk saling bekerja sama. Setidaknya ada dua manfaat yang dapat diperoleh dalam pembelajaran kooperatif yaitu manfaat akademik dan manfaat sosial. Secara akademik siswa meningkatkan pemahaman materi secara sosial siswa belajar hidup bermasyarakat. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa siswa merasa senang dengan pembelajaan kooperatif tipe STAD. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas dan sikap antusias mereka ketika mengerjakan soal-soal dalam lembar kerja operasi bilangan bulat. Hasil belajar siswa yang di ukur melalui tes individu setiap akhir tindakan telah menunjukkan bahwa siswa telah memahami materi dengan baik. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan pembelajaran sebagai berikut (1) menjadikan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai suatu pembelajaran alternatif yang layak dipertimbangkan (2) mengembangkan penelitian ini di kelas atau dalam jenjang lainnya dengan mengambil materi yang lebih luas agar hasil penelitian lebih lengkap dan mendalam (3) penyusunan LKS harus cermat dan hati-hati karena memungkinkan LKS yang di susun justru akan mematikan kreativitas siswa. Sebaiknya LKS di susun secara garis besarnya saja dan tidak terlalu menuntun langkah yang harus dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110191

Actions (login required)

View Item View Item