Pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle dalam upaya membangun pemahaman fungsi kuadrat dan grafiknya / Islamijati Setyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle dalam upaya membangun pemahaman fungsi kuadrat dan grafiknya / Islamijati Setyaningsih

Setyaningsih, Islamijati (2011) Pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle dalam upaya membangun pemahaman fungsi kuadrat dan grafiknya / Islamijati Setyaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran peta konsep learning cycle fungsi kuadrat dan grafiknya. Penelitian ini didasari rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika khususnya pada materi fungsi kuadrat dan grafiknya. Diduga kuat salah satu penyebabnya adalah pembelajaran masih terpusat pada guru. Bentuk pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa kurang berpeluang untuk mengembangkan kreatifitas berpikirnya. Akibatnya siswa belajar menghafal tanpa mengetahui makna yang dipelajarinya. Keadaan ini merupakan masalah yang perlu dicarikan penyelesaiannya. Salah satu penyelesaiannya yang dianggap tepat adalah menerapkan pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana pembelajaran menggunakan peta konsep melaui strategi learning cycle dalam upaya membangun pemahaman fungsi kuadrat dan grafiknya yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Malang terhadap fungsi kuadrat dan grafiknya (2) bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle . Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) memperoleh gambaran secara rinci dan mendalam pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle yang dapat membangun pemahaman siswa terhadap konsep fungsi kuadrat dan grafiknya (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan peta konsep melaui strategi learning cycle. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenisnya penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilaksanakan 2 siklus tindakan. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pada siklus tindakan I pembelajaran untuk pemahaman konsep fungsi atau pemetaan pemahaman menggambar grafik fungsi kuadrat dengan bantuan tabel pemahaman menggambar grafik fungsi kuadrat secara umum menggambar fungsi kuadrat dengan translasi dan pada siklus tindakan II pembelajaran untuk pemahaman sifat-sifat fungsi kuadrat dan pemahaman konsep membaca grafik fungsi kuadrat dan menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui persamaannya. Adapun indikator keberhasilannya adalah Keaktifan siswa mengajukan pertanyaan Ketepatan waktu melakukan kegiatan exploration (mengerjakan LKS) interaksi antar siswa dalam bekerja kelompok kemampuan siswa dalan membuat peta konsep secara individu ketuntasan hasil belajar klasikal yaitu lebih dari atau sama dengan 85% yang mendapat skor lebih atau sama dengan 7 5 dengan skor maksimum 10. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle bagi Siswa kelas X-2 SMAN 1 Malang dapat membangun pemahaman fungsi kuadrat dan grafiknya. Pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle terdiri dari 8 tahap yaitu (1) memberikan orientasi tentang pembelajaran (2) menyampaikan tujuan pembelajaran (3) memotivasi (4) Fase eksplorasi a).Pengkaitan materi prasya rat dengan materi yang dipelajari. b).Menemukan konsep dan memahaminya. (5) Fase eksplanasi a).Siswa membuat Peta Konsep b).Siswa mempresentasikan Peta konsep yang siswa buat (6) Fase elaborasi a).Siswa dengan Siswa berdiskusi membuat peta konsep kelom pok dan mempresentasikanya. b). Menerapkan pema hamnya untuk menyelesaikan soal-soal dalam kehidupan sehari-hari (7)Guru mengarahkan Siswa untuk membuat kesimpulan (8) Guru melakukan evaluasi. Hasil penelitian dilihat dari hasil observasi hasil tes akhir siklus hasil pembuatan peta konsep dan wawancara. Hasil observasi pada kategori sangat baik yaitu kualitas proses belajar yang tampak keaktifan siswa mengajukan pertanyaan ketika proses belajar berlangsung keaktifan siswa memberikan tanggapan pertanyaan siswa dan guru keaktifan siswa terlibat dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas dan hasil kerja individu maupun kelompok diselesaikan tepat waktu. Dari hasil tes akhir siklus Sangat memuaskan yaitu presentase ketuntasan belajar klasikal (TB) sebesar 97 4% dengan presentase sebesar 97 4% menujukkan bahwa siswa dapat membangun pemahaman fungsi kuarat dan grafiknya. Dari hasil wawancara menujukkan bahwa Siswa dapat membangun pemahaman fungsi kuadrat dan grafiknya dengan pembelajaran menggunakan peta konsep melalui learning cycle. Ditunjukan dengan siswa dapat menjelaskan dengan kata-katanya sendiri apa yang di tulisnya. Fakto-faktor penghambat yang peniliti rasakan dalam pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle adalah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan materi fungsi kuadrat dan grafiknya menjadi bertambah. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat dikemukakan dan perlu dipertimbangkan adalah pembelajaran menggunakan peta konsep melalui strategi learning cycle merupakan salah satu bentuk pembelajaran alternatif yang dapat digunakan sebagai referensi dalam memilih strategi pembelajaran .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110189

Actions (login required)

View Item View Item