Pengembangan paket pembelajaran berbantuan komputer materi sudut pada ruang dimensi tiga untuk siswa kelas X SMAN 1 Ngantang Kab. Malang / Shinta Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran berbantuan komputer materi sudut pada ruang dimensi tiga untuk siswa kelas X SMAN 1 Ngantang Kab. Malang / Shinta Wulandari

Wulandari, Shinta (2010) Pengembangan paket pembelajaran berbantuan komputer materi sudut pada ruang dimensi tiga untuk siswa kelas X SMAN 1 Ngantang Kab. Malang / Shinta Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Pembelajaran Berbantuan Komputer Sudut pada ruang dimensi tiga Berawal dari adanya kesenjangan yang ada antara kondisi ideal dan kondisi real berkaitan dengan pembelajaran materi sudut pada bangun ruang yaitu (1) Belum dimanfaatkannya komputer untuk pembelajaran matematika padahal sebagian besar SMA telah tersedia komputer dan dengan kelebihan yang dimiliki komputer seharusnya saat ini komputer sudah dimanfaatkan untuk pembelajaran secara optimal (2) Belum tersedianya paket PBK materi sudut pada bangun ruang sebagai alternatif pembelajaran matematika padahal saat ini sudah tersedia perangkat lunak yang dapat memvisualisasikan gambar yang disertai dengan animasi yang menarik (3) adanya kesulitan siswa untuk memahami materi sudut pada bangun ruang tanpa bantuan media lain dan terbatasnya jam belajar di kelas maka pengembangan paket pembelajaran sudut pada ruang dimensi tiga dibuat. Pengembangan ini bertujuan untuk menyediakan paket pembelajaran sudut pada ruang dimensi tiga memanfaatkan komputer yang dapat dimanfaatkan untuk belajar mandiri siswa di SMA Negeri 1 Ngantang Kabupaten Malang sehingga kesulitan siswa dalam belajar sudut pada ruang dimensi tiga dapat diminimalkan. Paket pembelajaran dikembangkan berdasarkan tahapan Alessi dan Trollip yang terdiri dari 10 tahapan yaitu (1) menentukan tujuan dan kebutuhan (2) mengumpulkan bahan acuan (3) mempelajari materi (4) mengembangkan ide (brainstorming) (5) mendesain pelajaran (6) membuat bagan alir (flowchart) (7) membuat storyboard tampilan (8) memprogram materi (9) membuat materi pendukung (10) melakukan evaluasi dan revisi. Model yang digunakan adalah tutorial bercabang dengan kontrol sepenuhnya kepada siswa. Penyajian informasi pada tutorial berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Paket pembelajaran telah dinilai oleh ahli materi ahli teknologi pembelajaran ahli pemrograman dan guru matematika. Setelah dilakukan revisi selanjutnya diujicobakan ke siswa SMAN 1 Ngantang Kab. Malang. Hasil uji coba perorangan diperoleh informasi bahwa paket pembelajaran sudut pada ruang dimensi tiga mudah untuk dioperasikan yaitu 93 % siswa menyatakan bahwa paket pembelajaran mudah untuk dioperasikan atau berada pada kategori sangat valid. Informasi lain adalah paket pembelajaran sudut pada ruang dimensi tiga disukai oleh siswa yaitu sebesar 80% siswa senang dengan tampilannya atau berada pada kategori valid 75% menyatakan senang dengan gambar-gambarnya atau berada pada kategori valid 86% tertantang untuk belajar lebih baik atau berada pada kategori sangat valid serta penilaian pencapaian sebesar 80 % atau dalam kategori valid. Spesifikasi produk yang diharapkan telah tercapai yaitu Tipe paket pembelajaran adalah tutorial bercabang(branching tutorial) yang disimpan dalam bentuk CD (compact disk) sehingga dapat dibawa siswa dan dapat dipelajari secara mandiri paket pembelajaran memuat materi utama yaitu sudut antara garis dengan garis dan sudut antara garis dengan bidang penjelasan materi disertai dengan sajian gambar animasi yang berkaitan materi sudut dengan memperhatikan kombinasi warna dan tulisan paket dapat dijalankan pada komputer dengan spesifikasi minimal Windows 98 prosessor minimal 600MHz RAM minimal 256 Mbyte resolusi minimal 800 x 600 CD-ROM minimal 24x VGA minimal 16 bit sistem menu yang digunakan adalah dalam bentuk jendela (window) menu dapat dipilih dengan menggunakan tetikus(mouse) pembelajaran dalam paket ini disesuaikan dengan tahap-tahap berpikir Van Hiele yang meliputi tahap 0 (visualisasi) tahap 1 (analisis) tahap 2 (deduksi informal) tahap 3 (deduksi) dan tahap 4 (rigor).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110188

Actions (login required)

View Item View Item