Metode pembelajaran penemuan (learning by discovery) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA-1 MAN Gondanglegi tahun pelajaran 2009/2010 pada materi limit fungsi trigonometri / Sugeng Hariyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran penemuan (learning by discovery) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA-1 MAN Gondanglegi tahun pelajaran 2009/2010 pada materi limit fungsi trigonometri / Sugeng Hariyono

Hariyono, Sugeng (2010) Metode pembelajaran penemuan (learning by discovery) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA-1 MAN Gondanglegi tahun pelajaran 2009/2010 pada materi limit fungsi trigonometri / Sugeng Hariyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Pembelajaran Penemuan Limit Fungsi Trigonometri Limit fungsi trigonometri mempunyai peranan penting dalam bidang matematika. Oleh sebab itu penguasaan terhadap limit fungsi trigonometri perlu mendapatkan perhatian yang serius sejak awal. Meskipun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap limit fungsi trigonometri masih rendah. Siswa cenderung menghafal prinsip dasar yang ada pada limit fungsi trigonometri tidak terlibat proses memperolehnya. Oleh karena itu diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dalam membangun penguasaan siswa terhadap limit fungsi trigonometri dengan metode penemuan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pembelajaran dengan metode penemuan yang dapat meningkatkan penguasaan konsep limit fungsi trigonometri dan (2) menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada konsep limit fungsi trigonometri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA-1 MAN Gondanglegi Kabupaten Malang.Subyek wawancara 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subyek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut lancar dalam berkomunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penemuan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI IPA-1 MAN Gondanglegi. Metode penemuan terbagi menjadi 6 tahap yaitu (1) pemberian stimulus (2) problem statement (3) data collection (4) data prosessing (5) verification dan (6) generalization. Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan penelitian pada sekolah lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektifitas pembelajaran dengan metode penemuan pada materi limit fungsi trigonometri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110177

Actions (login required)

View Item View Item