Abdillah (2010) Pembelajaran konsep limit fungsi dengan strategi elaborasi bagi mahasiswa / Abdillah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Elaborasi Konsep Limit Fungsi Pembelajaran Matematika di perguruan tinggi menuntut mahasiswa memahami konsep-konsep dasar. Matematika dilandasi dari definisi teorema yang meyajikan konsep-konsep yang berkaitan dengan masalah yang terjadi dalam memahami kasus-kasus matematika. Analisis Real merupakan bekal bagi Mahasiswa Matematika sebagai calon guru untuk mengajar materi pelajaran matematika khususnya tentang konsep limit fungsi. Meskipun demikian kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa penguasaan mahasiswa terhadap materi konsep limit fungsi masih rendah. Mahasiswa cenderung menghafal definisi dan tidak mampu menerapkan dalam memecahkan kasus. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman mahasiswa terhadap konsep limit fungsi dengan strategi elaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh desain pembelajaran dengan strategi elaborasi dan cara menerapkan pembelajaran dengan strategi elaborasi pada konsep limit fungsi bagi mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Mataram tahun ajaran 2009/2010. Melalui pembelajaran dengan strategi elaborasi mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan orientasi interpretasi melakukan penyimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Pada tahap orientasi antara dosen dengan mahasiswa aktif berkomunikasi dalam menentukan arah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Pada tahap interpretasi mahasiswa mengkaji masalah yang diberikan melalui kegiatan analisis diskusi tanya jawab. Pada akhir pembelajaran mahasiswa membuat kesimpulan dari apa yang telah mereka dapatkan selama pembelajaran. Pembelajaran dengan strategi elaborasi yang dapat membangun pemahaman konsep konsep limit fungsi pada mahasiswa semester VI Offering D Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Mataram tahun ajaran 2009/2010 terdiri dari tahap (1) memberikan orientasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan (2) menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran (3) dengan tanya jawab memberi motivasi dan apersepsi mahasiswa (4) dosen melakukan orientasi kepada mahasiswa dengan memberikan permasalahan yang terkait pengenalan konsep limit fungsi (5) mahasiswa melakukan interpretasi dengan berdiskusi dengan temannya dalam menyelesaikan masalah yang diberikan (6) mahasiswa mempresentasikan hasil kerja yang diperolehnya (7) mahasiswa saling memberikan orientasi dengan melakukan tanya jawab berdasarkan hasil yang diperolehnya (8) dosen memberikan orientasi kepada mahasiswa untuk mengklarifikasi masalah yang muncul (9) mahasiswa membuat kesimpulan terhadap materi yang telah dipelajari (10) mahasiswa mengerjakan tugas akhir yang diberikan. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bentuk pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berhasil sebagai bentuk pembelajaran yang dapat membangun kemampuan analisis matematika mahasiswa tentang limit fungsi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110173 |
Actions (login required)
View Item |