Karakteristik berpikir siswa dalam pematematikaan hirozontal melalui scaffolding / Herna - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik berpikir siswa dalam pematematikaan hirozontal melalui scaffolding / Herna

Herna (2010) Karakteristik berpikir siswa dalam pematematikaan hirozontal melalui scaffolding / Herna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Berpikir Pematematikaan Horizontal Scaffolding Salah satu masalah mendasar dalam pendidikan di Indonesia adalah masih kurangnya siswa yang dapat memahami konsep matematika dengan baik. Salah satu pendekatan yang menjanjikan dapat mengurangi masalah tersebut adalah realistic mathematics education (RME). Dalam RME dikenal dua pematematikaan yakni pematematikaan horizontal dan pematematikaan vertikal. Kedua pematematikaan ini sama pentingnya dalam mengkonstruksi konsep matematika tetapi penelitian ini mengkaji karakteristik berpikir siswa dalam pematematikaan horizontal karena akan dilakukan pada siswa SMP. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik berpikir siswa dalam pematematikaan horizontal. Konsep yang akan dikonstruksi adalah konsep perbandingan informal karena masalah perbandingan banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga sesuai untuk penerapan pematematikaan horizontal. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Palece kab. Polman Prov. Sulawesi Barat. Subjek penelitian terdiri atas 2 siswa berkemampuan tinggi yang selanjutnya disebut subjek kelompok tinggi 2 siswa berkemampuan sedang yang kemudian disebut subjek kelompok sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah yang kemudian disebut subjek kelompok rendah. Pemilihan subjek juga didasarkan pada kemampuan berkomunikasi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode Think Out Loud. Metode analisis data yang digunakan adalah metode perbandingan tetap dimana karakteristik berpikir dua siswa pada setiap kelompok dibandingkan secara tetap untuk menemukan karakteristik berpikir dari setiap kelompok. Karakteristik berpikir dari setiap kelompok dibandingkan secara tetap untuk menemukan karakteristik berpikir siswa dalam melakukan pematematikaan horizontal masalah perbandingan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam pematematikaan horizontal masalah perbandingan siswa melakukan aktivitas modeling dan intertwining. Aktivitas modeling dilakukan dengan menggunakan kata-kata yakni menyederhanakan soal dengan memperhatikan gambar kemudian mengaitkan gambar dan keterangan gambar pada soal sehingga diperoleh model soal realistik yakni berat 2 buah nanas sama dengan berat 10 buah pisang berat 1 buah nanas sama dengan berat 2 buah pisang dan 1 buah apel dan berat semua ayam betina yang akan dinaikkan ke sisi kiri timbangan agar timbangan dalam kondisi seimbang adalah 1600 gram. Aktivitas intertwining dilakukan dengan mengaitkan soal realistik dengan model yang diperoleh dari soal untuk mengetahui strategi yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Selanjutnya siswa mengaitkan situasi dunia nyata dengan konsep matematika mengaitkan situasi dunia nyata yang satu dengan situasi dunia nyata yang lain dan mengaitkan konsep matematika yang satu dengan konsep matematika yang lain dalam menjalankan strategi penyelesaian soal. Dari temuan hasil penelitian ini disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan terutama berkaitan dengan (1) bagaimana karakteristik berpikir siswa dalam melakukan aktivitas pematematikaan horizontal selain aktivitas modeling dan intertwining misalnya pengidentifikasian dan perumusan masalah. (2) bagaimana karakteristik berpikir siswa dalam pematematikaan horizontal pada masalah yang lain selain masalah perbandingan. Selain itu disarankan juga untuk pengelompokan siswa dalam memilih subjek penelitian pada penelitian yang sejenis dengan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes standar atau IQ.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110171

Actions (login required)

View Item View Item