Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi program linier di siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari / Miswanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi program linier di siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari / Miswanto

Miswanto (2010) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi program linier di siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari / Miswanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Miswanto 2010 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Program Linier di Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H. Akbar Sutawidjaya M.Ed. Ph.D. dan (2) Dr. H. Subanji M.Si. Kata Kunci Program Linier Pembelajaran Berbasis Proyek. Program linier mempunyai peranan yang penting dalam bidang matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu pemahaman terhadap program linier perlu ditekankan pada siswa sejak dini. Meskipun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap program linier masih rendah. Siswa cenderung menghafal aturan-aturan yang ada dalam program linier. Siswa tidak diberi kesempatan untuk memahami lebih jauh mengenai materi tersebut. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam memberikan pemahaman siswa terhadap program linier dengan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh rancangan pembelajaran yang dapat memahamkan siswa kelas XOTR SMK Negeri 1 Singosari tentang program linier dengan diterapkan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XOTR SMK Negeri 1 Singosari. Untuk mendapatkan informasi dari siswa mengenai penerapan pembelajaran yang dilaksanakan maka dipilih 4 subjek wawancara yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan rendah 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan tinggi. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran berbasis proyek yang dapat memberikan pemahaman kepada siswa kelas XOTR SMK Negeri 1 Singosari mengenai materi program linier terbagi dalam tiga tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran memotivasi siswa tentang pentingnya program linier mengingatkan kembali materi prasyarat pembentukan kelompok dan pemberian lembar kerja proyek (2) tahap inti meliputi pengerjaan proyek oleh setiap kelompok dan presentasi hasil kerja proyek (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan evaluasi. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini sudah cukup baik pada konsep program linier melalui model pembelajaran berbasis proyek. Hal ini dapat dilihat bahwa hasil uji kompetensi diperoleh skor rata-rata 67% dan hasil cek pemahaman yang di lakukan dengan cara bertanya secara lisan kepada para peserta didik sudah cukup baik. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan pada sekolah yang lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektifitas pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek untuk materi program linier dan bagi guru yang ingin menerapkan model pembelajaran berbasis proyek hendaknya memberikan bimbingan kepada siswa secara efektif sehingga kreatifitas siswa tetap ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110169

Actions (login required)

View Item View Item