Strategi-strategi react dengan menggunakan aktivitas pemecahan masalah pada pembelajaran materi lingkaran kelas VIIIG SMPN 13 Malang / Ari Kusumastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi-strategi react dengan menggunakan aktivitas pemecahan masalah pada pembelajaran materi lingkaran kelas VIIIG SMPN 13 Malang / Ari Kusumastuti

Kusumastuti, Ari (2010) Strategi-strategi react dengan menggunakan aktivitas pemecahan masalah pada pembelajaran materi lingkaran kelas VIIIG SMPN 13 Malang / Ari Kusumastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil observasi awal yang dilaksanakan dalam penelitian ini mendapatkan informasi bahwa pada materi geometri lingkaran terdapat kendala dalam pengajarannya. Siswa selalu mengalami kesalahan dalam mentranser pemahaman mereka pada aktifitas pemecahan masalah. Metode belajar masih menggunakan pendekatan ceramah. Setting belajar juga masih individual dan siswa terkesan pasif. Penelitian ini berupaya memperbaiki pola pembelajaran yang lama dengan menerapkan strategi-strategi REACT dengan aktifitas pemecahan masalah. Materi yang dipilih adalah lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 7 tindakan. Ketujuh tindakan ini selanjutnya dibagi dalam dua siklus. Setiap akhir pembelajaran dilakukan wawancara dengan siswa untuk melihat pemahaman akan materi yang telah diberikan. Subjek wawancara dipilih dari 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 1 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui tes wawancara observasi langsung catatan lapangan dan jurnal siswa. Tes dilakukan untuk memperoleh data non verbal aktifitas pemecahan masalah. Sedangkan observasi langsung wawancara catatan lapang dan jurnal siswa untuk memperoleh data verbal aktivitas bermatematika dan aktifitas pemecahan masalah serta respon siswa terhadap strategi-strategi REACT. Teknik analisis data untuk data berupa bilangan dianalisis dengan menggunakan analisis prosentase sedangkan untuk data kualitatif dianalisis sesuai dengan model Milles dan Huberman yang meliputi 3 tahap yaitu (1) reduksi data (2) menyajikan data dan (3) menarik kesimpulan. Implementasi pembelajaran dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap awal inti dan tahap akhir. Tahap awal guru menjalankan strategi relating dengan mengajukan pertanyaan kontekstual. Tahap inti guru menjalankan strategi experiencing applying cooperating dan transferring dengan aktifitas pemecahan masalah. Tahap akhir siswa menyimpulkan dan merefleksi hasil pembelajaran dengan bimbingan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas bermatematika dan aktifitas pemecahan masalah siswa dengan strategi-strategi REACT ini. Peningkatan aktivitas dilihat dari analisis prosentase hasil pengamatan dan catatan lapangan selama proses pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan strategi-strategi REACT pada materi lingkaran dalam penelitian ini sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis jurnal siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110164

Actions (login required)

View Item View Item