Tafonao, Temaaro (2009) Pembelajaran dengan pendekatan CTL untuk membangun pemahaman siswa terhadap konsep volume prisma dan limas pada siswa kelas VIII SMP YPK 1 Kota Malang / Temaaro Tafonao. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tafonao Temaaro. 2009. Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual untuk Membangun Pemahaman Siswa terhadap Konsep Volume Prisma dan Limas pada Siswa Kelas VIII SMP YPK 1 Kota Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. (II) Drs. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata kunci pembelajaran volume prisma dan limas pendekatan CTL (contextual teaching and learning) Geometri merupakan suatu pengetahuan yang berkaitan dengan bentuk (bangun) sifat-sifat bangun dan hubungan-hubungan yang ada diantara sifat-sifat dari bangun-bangun tersebut. Oleh karena kehidupan dikelilingi dan dibentuk dari bangun-bangun (bangun ruang serta permukaan) maka pembelajaran geometri perlu didasari dan diarahkan agar siswa mampu untuk memahami bangun-bangun yang ada di sekitarnya. Volume prisma dan limas yang merupakan salah satu bagian dari geometri mempunyai peranan penting dalam bidang matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu penguasaan terhadap volume prisma dan limas perlu ditekankan pada siswa sejak dini. Meskipun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap volume prisma dan limas masih rendah. Siswa cenderung menghafal rumus volume prisma dan limas. Siswa tidak diberi kesempatan untuk menemukan sendiri rumus volume prisma dan limas. Jadi diperlukan usaha yang serius dalam membangun penguasaan siswa terhadap volume prisma dan limas dengan pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan rancangan pembelajaran yang dapat membangun pemahaman siswa terhadap materi volume prisma dan limas dengan pendekatan CTL dan (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL terhadap konsep volume prisma dan limas kepada siswa kelas VIII SMP YPK 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan (action research). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP YPK 1 Kota Malang yang banyaknya 20 orang. Subjek wawancara 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara dilakukan berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak komunikasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Pada siklus I diperoleh hasil bahwa ketuntasan siswa dalam pembelajaran volume prisma dan limas adalah 40%. Walaupun siswa menunjukkan respon yang positif namun prestasi belajar mereka masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya ketajaman pemahaman siswa pada permasalahan tanpa bantuan benda konkrit. Di samping itu efisiensi waktu yang relatif kurang terhadap kegiatan pembelajaran sehingga ada beberapa kegiatan yang tidak terlaksana secara maksimal. Berdasarkan kekurangan yang terjadi pada siklus I maka pembelajaran pada siklus II difokuskan pada kegiatan pengaplikasian rumus volume prisma dan limas dalam pemecahan masalah dan presentasi hasil kerja kelompok. Ketuntasan siswa dalam pembelajaran volume prisma dan limas pada siklus II mencapai 90%. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL yang dapat membangun pemahaman konsep volume prisma dan limas pada siswa kelas VIII SMP YPK 1 Kota Malang terbagi dalam tiga tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran memotivasi siswa tentang pentingnya volume pisma dan limas mengingatkan kembali materi prasyarat pembentukan kelompok dan pembagian media belajar (2) tahap inti meliputi pelaksanaan kegiatan menemukan rumus oleh setiap kelompok dan presentasi hasil diskusi dan (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan evaluasi. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan CTL pada materi volume prisma dan limas sangat positif. Berdasarkan penelitian ini maka disarankan pada guru matematika kelas VIII SMP YPK 1 Kota Malang mengajarkan konsep volume prisma dan limas dengan pendekatan CTL. Hal ini dapat dipahami karena terbukti dalam penelitian ini pendekatan CTL dapat membangun pemahaman siswa terhadap rumus volume prisma dan limas. ABSTRACT Tafonao Temaaro. 2009. The Application of Contextual Teaching and Learning Approach in Improving Students Comprehension in the Concept of Prism and Pyramid Volume at Grade VIII SMP YPK 1 Malang. Thesis Mathematics Study Program Postgraduate Program University of Malang. Advisors (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. (II) Drs. Muchtar Abdul Karim M.A. Keyword study prism and pyramid volume contextual teaching and learning (CTL) approach. Geometry is a kind of knowledge relating to the shape the characteristics of shape and the existing relation among its characteristics. Because life is encircled by and formed of geometric figures (space figure and surface) then learning geometry should be based on and aimed in order that students are able to understand forms in their surroundings. Prism and pyramid volume as one of geometry study have an important role in mathematics and they are also used in daily life so that students have to master them in the beginning stage. Nevertheless the facts show that students have less comprehension them. Students tend to memorize the formula of prism and pyramid volume and have no chance to find the formula by themselves. Therefore it has serious effort in teaching to improve students comprehension of prism and pyramid volume using contextual teaching and learning (CTL) approach. The research is aimed to (1) find out teaching design improving students comprehension of prism and pyramid volume using CTL approach and (2) to describe instructional process of concept of prism and pyramid volume at grade VIII SMP YPK 1 Malang using CTL approach. Qualitative study with action research design was applied in this research. The research was conducted at grade VIII SMP YPK 1 Malang which had 20 students. The subject of interview consists of 4 students namely one student has high ability 2 students have average ability and the other has low ability. The selected subjects were based on the result of pre-test considering that those were easily to communicate. The research was conducted into two cycles. In the first cycle it was reported that students achievement in learning prism and pyramid volume was 40% although they indicated positive response but their achievement were low. It was caused by students less comprehension in solving problem without concrete objects. Beside that the time was not effective and some activities did not implement maximal. Based on the weakness in first circle then in the second circle the teaching was focused on the application of prism and pyramid volume in solving problem and presenting group work. The result showed that students completeness was 90%. The result of the study indicated that CTL approach can improve students comprehension of prism and pyramid volume in the students at grade VIII SMP YPK 1 Malang City which devided into three phases as follow (1) in the beginning phase it covered informing teaching aims motivating students about the significance of prims and pyramid volume remind pre-requiste material forming group and deviding learning media (2) in the core phase it covered activity to find out the formula by each group and presenting their findings and (3) in final phase it covered formulating conclusion and evaluation. In other words the students response of CTL approach were positive. Based on the research CTL approach is suggested to mathematics teachers at SMP YPK 1 Malang City to teach the concept of prism and pyramid volume because Contextual Teaching and Learning approach improving students comprehension to formula of prism and pyramid volume is proved.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110160 |
Actions (login required)
View Item |