Sucipto, Lalu (2009) Pembelajaran interaktif konsep barisan konvergen bagi mahasiswa / Lalu Sucipto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lalu Sucipto. 2009. Pembelajaran Interaktif Konsep Barisan Konvergen Bagi Mahasiswa. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Dr.rer.nat I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Interaktif Konsep Barisan Konvergen. Pembelajaran matematika di perguruan tinggi menuntut mahasiswa untuk memahami konsep konsep dasar. Matematika dilandasi dari definisi teorema yang menyajikan konsep konsep yang berkaitan dengan masalah yang terjadi dalam memahami kasus kasus matematika. Analisis real merupakan bekal bagi mahasiswa matematika sebagai calon guru untuk mengajar materi pelajaran matematika khususnya tentang konsep barisan konvergen. Meskipun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan mahasiswa terhadap materi konsep barisan konvergen masih rendah. Mahasiswa cenderung menghafal definisi dan tidak mampu menerapkan dalam memecahkan kasus. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman mahasiswa terhadap barisan konvergen dengan pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan prosedur pembelajaran interaktif konsep barisan konvergen bagi mahasiswa semester IV offering C Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang tahun ajaran 2008/2009. Pembelajaran interaktif memiliki ciri ciri yaitu intervensi kalaborasi negosiasi dan evaluasi. Pada intervensi mahasiswa diberikan permasalahan konsep barisan konvergen sedangkan dosen berperan memberi intervensi dengan memberikan permasalahan. Pada negosiasi mahasiswa mendiskusikan hasil temuan dosen berperan sebagai mediator dalam kegiatan diskusi. Pada kalaborasi mahasiswa dengan teman sebangku bekerjasama untuk menyelesaikan masalah selain berkalaborasi mahasiswa juga saling negosiasi dan evaluasi terhadap hasil hasil negosiasi. Pada evaluasi dosen melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran interaktif konsep barisan konvergen bagi mahasiswa semester IV offering C Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang dapat membangun kemampuan analisis matematika. Prosedur pembelajaran interaktif terdiri dari 10 tahap yaitu (1) memberikan orientasi tentang pembelajaran (2) menyampaikan tujuan pembelajaran (3) memotivasi dan apersepsi (4) dosen memberikan intervensi kepada mahasiswa (5) negosiasi dosen dengan mahasiswa (6) kalaborasi mahasiswa dengan mahasiswa (7) negosiasi mahasiswa dengan mahasiswa (8) dosen memberikan intervensi pada saat mahasiswa melakukan kalaborasi dan negosiasi (9) dosen dan mahasiswa bernegosiasi untuk membuat kesimpulan dan (10) dosen melakukan evaluasi. Hasil penelitian dilihat dari hasil observasi hasil tes akhir siklus dan wawancara. Hasil observasi menunjukkan bahwa yang dilakukan pada kategori sangat baik. Dari hasil tes akhir siklus persentasi presentase ketuntasan klasikal (TB) sebesar 91% dengan presentase sebesar 91% menujukkan bahwa dapat membangun kemampuan analisis matematika mahasiswa tentang konsep barisan konvergen. Dari hasil wawancara menujukkan bahwa mahasiswa senang belajar dengan pembelajaran interaktif melalui lembar kerja. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bentuk pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berhasil sebagai suatu bentuk pembelajaran yang dapat membangun kemampuan analisis matematika mahasiswa tentang barisan konvergen. ABSTRACT Lalu Sucipto. 2009. Interactivity Learning for Convergent Sequences Concept for University Students. Thesis. Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program State University of Malang. Advisors (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. and (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si Keywords Interactivity Convergent Sequences Concept Mathematic learning in university requires students to understand fundamental concepts. Mathematics is based on definitions theorems offering concepts related to problems occur in understanding mathematic cases. Real analysis is the provision for mathematic students as the teacher candidates to teach mathematic learning materials particularly in terms of convergent sequences concept. However facts show that students mastery for this concept is low. They tend to recall the definition but do not be able to implement it in problem solving. Therefore it needs serious efforts in building students understanding for convergent sequences concept through interactivity learning. This research aims at generating the interactivity learning procedure for convergent sequences concept for university students in the fourth semester at Offering C mathematics education department Malang Kanjuruhan University batch 2008/2009. Interactivity learning has several characteristics namely intervention collaboration negotiation and evaluation. In intervention students are given problems related to convergent sequences concept whereas the lecturer provides intervention and problems. In negotiation students discuss findings while the lecturer plays a role as a mediator in the discussion. Next in collaboration students sitting on the same bench cooperate to solve the problems besides collaborating they also negotiate and evaluate the result of negotiation. Then in evaluation the lecturer evaluates the process and result of learning. Based on findings it is found that interactivity learning for convergent sequences concept for university students in the fourth semester at Offering C mathematics education department Malang Kanjuruhan University is able to build a mathematic analysis. The interactivity learning procedures consist of 10 stages namely (1) giving orientation about learning (2) delivering the objective of learning (3) motivating and percepting (4) conducting intervention by the lecturer (5) negotiating between the lecturer and students (6) collaborating among students (7) negotiating among students (8) conducting intervention by the lecturer during students conducting collaboration and negotiation (9) negotiating between the lecturer and students in order to draw a conclusion and (10) evaluating by the lecturer. Findings can be found through the results of observation the cycle of the final test and interview. The result of observation shows that learning which has been done is in the very good category. The result of the cycle of the final test shows that TB percentage is 91%. The percentage shows that TB is able to build the students mathematic analysis for convergent sequences concept. Then the result of interview to the interviewees shows that students enjoy learning by interactivity learning through worksheet. Based on findings it is concluded that the form of learning which is developed in this research is successful as a form of learning which is be able to build students mathematic analysis for convergent sequences concept.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110158 |
Actions (login required)
View Item |