Hadi, Morinaga (2010) Penerapan pendekatan open-ended untuk meningkatkan pemahaman ilmu ukur siswa kelas VII D SMPK Kolese Santo Yusup 1 Malang / Morinaga Hadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hadi Morinaga. 2009. Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Ukur Siswa Kelas VII D SMPK Kolese Santo Yusup 1 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc. (II) Drs. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata kunci meningkatkan peningkatan pemahaman Ilmu Ukur. Ilmu Ukur merupakan salah satu mata pelajaran matematika tambahan yang diajarkan di SMPK Kolese Santo Yusup 1 Malang. Saat belajar Ilmu Ukur semua siswa akan dilatih untuk berpikir tentang segala hal yang berkaitan dengan bidang datar antara lain membuktikan menghitung dan melukis. Dengan mempelajari Ilmu Ukur semua siswa diharapkan dapat memperkuat pengetahuan matematis mereka. Namun Ilmu Ukur merupakan salah satu pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa. Di SMPK Kolese Santo Yusup 1 Malang metode pembelajaran yang digunakan oleh semua guru Ilmu Ukur adalah konvensional yang bersifat teacher-centered. Sehingga banyak siswa yang tidak mau mempelajarinya. Pendekatan open-ended merupakan salah satu metode yang dapat menjadikan siswa bisa berpikir kreatif logis dan kritis. Hal ini sangat mungkin terjadi karena dalam metode pengajaran pendekatan open-ended mula-mula siswa akan dihadapkan pada soal open-ended yang dirancang untuk mempunyai banyak jawaban berupa strategi penyelesaian atau hasil akhir yang benar. Sehingga hal ini dapat menyediakan pengalaman dalam mencari sesuatu yang baru dan mengkombinasikan pengetahuan kemampuan atau cara-cara berpikir yang telah siswa pelajari. Metode ini diharapkan bisa menggantikan metode pembelajaran konvensional yang selama ini diterapkan serta meningkatkan pemahaman siswa. Untuk mengetahui langkah-langkah apa sajakah yang harus dilaksanakan dalam menyampaikan materi Ilmu Ukur dengan pendekatan open-ended dan apakah pendekatan open-ended dapat meningkatkan pemahaman siswa maka penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas serta dilaksanakan di kelas VII D. Penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa lembar tes hasil belajar serta angket respon siswa sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian ini langkah-langkah pendekatan open-ended untuk mengajar Ilmu Ukur adalah membagikan soal open-ended meminta siswa berdiskusi dalam kelompok dan kelas serta memberikan latihan dan tes. Juga ditemukan bahwa sebagian besar siswa memilih metode ini untuk mempelajari Ilmu Ukur dan terjadi peningkatan pemahaman di antara siswa. Saran-saran yang diusulkan pada para guru antara lain agar menyusun lembar validasi yang lebih spesifik berdiskusi dengan guru kelas dalam menyusun soal memberi kesempatan bagi guru kelas untuk melaksanakan pembelajaran dan menggunakan pendekatan open-ended ketika mengajar Ilmu Ukur. ABSTRACT Hadi Morinaga. 2009. Application of Open-Ended Approach to Improve Geometry Comprehension of Students of Class VII D SMPK Kolese Santo Yusup 1 Malang. Thesis Education of Mathematics Program Post-Bachelor Program State University of Malang. Advisor (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc. (II) Drs. Muchtar Abdul Karim M.A. Key words improving improvement comprehension geometry. Geometry is one of the additional mathematic subjects which is taught in SMPK Kolese Santo Yusup 1 Malang. When learning geometry all of the students will be trained to think about anything related with plane such as proving calculating and drawing. By learning geometry all of the students are wished to be able to strengthen their mathematical knowledge. But geometry is one of the difficult lessons. In SMPK Kolese Santo Yusup 1 Malang the used instructional method is conventional one which has teacher-centered character. So there are so many students who don t want to learn geometry. Open-ended approach is one of the methods which can make student to be able to think creatively logically and critically. These are so possible because in open-ended approach teaching method at the first students will face an open-ended problem which was designed to have a lot of answer like strategy of solution or final result. So it can provide experience in finding something new and combining knowledge ability or ways of thinking that have previously been learned. this method is wished to able to replace conventional method and also improving the student s comprehension. For knowing the steps which have to be done to teach geometry by open-ended approach and also knowing that open-ended approach can improve the student s comprehension this research was held. This research was worked by using class action research and being held in class VII D of SMPK Kolese Santo Yusup Malang. This research used teacher and student activities observation sheet test sheet and questionnaire in collecting the files. According to the results of this research the open-ended approach steps to teach geometry are distributing the open-ended problem asking the students to have discussion in group and class and giving exercise and test. There were also found that most of the students preferred this method to learn geometry and the comprehension improvement happened among the students. The given suggestions to the teacher such as creating more specific validation sheet having discussion with the teacher in creating the problems giving a chance for the teacher to do the instruction and using open-ended approach to teach geometry.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110155 |
Actions (login required)
View Item |