Pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan kuadrat untuk siswa kelas X SMA / Priwahyu Hartanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan kuadrat untuk siswa kelas X SMA / Priwahyu Hartanti

Hartanti, Priwahyu (2011) Pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan kuadrat untuk siswa kelas X SMA / Priwahyu Hartanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H.Akbar Sutawidjaja M.Pd. Ph.D. (2) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan Kuadrat Tujuan yang hendak dicapai melalui pengembangan ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penyusunan perangkat pembelajaran serta tersusunnya perangkat pembelajaran yang valid/baik untuk materi persamaan kuadrat di kelas X SMA dengan menggunakan pendekatan struktural Numbered Heads Together (NHT). Manfaat yang diharapkan dengan pengembangan Buku Siswa dan LKS ini adalah 1). Sebagai suatu alternatif untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika sehingga siswa benar-benar mampu memahami tentang materi persamaan kuadrat 2). Sebagai bahan pertimbangan bagi guru matematika dalam memilih suatu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyampaikan 3). Memberi kemudahan bagi guru dalam poses pembelajaran di kelas terutama materi persamaan kuadrat 4). Memberi kemudahan bagi siswa dalam belajar secara aktif disiplin tanggung jawab dan kooperatif 5). Dapat memberikan informasi untuk penelitian yang berkenaan tentang pembelajaran kooperatif dan 6). Memberikan sumbangan kepada upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pengembangan perangkat pembelajaran materi Persamaan Kuadrat untuk Kelas X SMA ini dengan berpedoman pada langkah-langkah pokok pengembangan pembelajaran model Plomp yang terbagi dalam lima tahap yaitu 1) tahap investigasi awal 2) tahap penyusunan disain 3) tahap realisasi/ konstruksi 4) tahap tes evaluasi dan revisi serta 5) tahap implementasi. Penelitian ini dilakukan di kelas X-5 SMA Negeri Arjasa dan kelas X-6 SMA Negeri 2 Jember. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa draf buku siswa dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran materi Persamaan Kuadrat. Dalam uji ahli buku siswa dan LKS tidak perlu adanya revisi. Tingkat keberhasilan dalam uji coba lapangan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri Arjasa dan siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Jember dalam mengerjakan LKS 1 adalah 79 31% dan 83 78% LKS 2 adalah 84 85% dan 81 08% LKS 3 adalah 87 50% dan 91 67% LKS 4 adalah 85% dan 88 24% sedangkan ketuntasan belajar dalam tes hasil belajarnya masing-masing adalah 85% dan 86 49%. Pengembangan Buku Siswa dan LKS ini mempunyai beberapa kelebihan antara lain 1) menurut subjek ahli Buku Siswa dan LKS ini telah mengacu pada KTSP 2) dengan Buku Siswa dan LKS ini siswa diprediksi menjadi aktif selama proses pembelajaran dan 3) tanggapan saran dan kritik digunakan untuk merevisi dan menyempurnakan sehingga produk perangkat pembelajaran ini menjadi lebih valid/baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110154

Actions (login required)

View Item View Item