Bali, Selfi Yanti (2009) Implementasi strategi peta konsep dalam usaha membangun pemahaman konsep fungsi komposisi siswa kelas XI-IS, SMAK St. Albertus Malang tahun ajaran 2008/2009 / Selfi Yanti Bali. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Bali Yanti Selfi. 2009. Implementasi Strategi Peta Konsep dalam Usaha Membangun Pemahaman Konsep Fungsi Komposisi Siswa Kelas XI-IPS1 SMAK St. Albertus Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (II) Prof. Drs. Purwanto Ph.D Kata Kunci Pemahaman Fungsi Komposisi Strategi Peta Konsep Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Perkembangan teknologi ini berkaitan erat dengan daya pikir manusia serta pengetahuan yang dimilikinya. Dalam mempelajari matematika tidak cukup hanya dengan menghafal rumus-rumus saja tetapi membutuhkan pengertian pemahaman dan ketrampilan secara mendalam. Berpikir tentang masalah memahami materi pembelajaran peneliti mengambil langkah awal untuk meneliti keadaan ini. Peneliti melakukan wawancara ke beberapa guru SMA dan juga siswa-siswi SMAK St. Albertus Malang. Hasil yang diperoleh peneliti adalah bahwa pemahaman konsep masih sangat minim dimiliki oleh siswa dan bahkan ada yang sama sekali tidak paham akan konsep tetapi menghafal rumus matematika. Bertolak dari masalah pemahaman konsep diperlukan pembelajaran yang bermakna agar seorang siswa betul-betul memahami materi dari bahan ajar yang diberikan. Siswa diharapkan mampu mengkonstruk pengetahuan baru khususnya mampu mengaitkan antara konsep prinsip dan fakta yang diperolehnya. Saling keterkaitan antara konsep prinsip dan fakta dapat digambarkan seperti jaringan konsep. Jaringan konsep ini tidak terjadi secara acak tetapi perlu dikonstruk. Jaringan konsep hasil dari konstruksi ini disebut dengan peta konsep. Permasalahan mendasar penelitian ini adalah apa rancangan dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui strategi peta konsep yang dapat membangun pemahaman konsep Fungsi Komposisi siswa kelas XI-IS1 SMAK St. Albertus Malang. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh rancangan dan pelaksanaan pembelajaran melalui strategi peta konsep yang dapat membangun pemahaman konsep Fungsi Komposisi siswa kelas kelas XI-IS1 SMAK St. Albertus Malang. Penelitian difokuskan pada materi Fungsi Komposisi dengan menerapkan strategi peta konsep untuk membangun pemahaman konsep Fungsi Komposisi para peserta didik di kelas XI-IS 1 SMAK St. Albertus Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah-langkah pembelajaran adalah perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi sebagai suatu siklus yang dapat dilaksanakan secara berulang sampai mencapai tujuan penelitian. Untuk penelitian ini kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan pembelajaran pada siklus I dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Masing-masing pertemuan meliputi kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan penutup. Kegiatan pendahuluan meliputi mengucapkan salam berdoa bersama menyampaikan maksud dan tujuan dari pembelajaran mengenai peta konsep menyampaikan hal-hal yang akan dilakukan setiap pertemuan menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. Kegiatan inti meliputi guru membagikan LKS diskusi kelompok serta tahap penyusunan peta konsep menurut petunjuk yang terdapat pada LKS. Kegiatan penutup meliputi pengumpulan hasi penyusunan peta konsep dan guru menutup pembelajaran pada pertemuan saat itu. Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu (1) Strategi peta konsep yang diterapkan untuk pokok bahasan Fungsi Komposisi dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan pada siklus I dengan teknik diskusi kelompok yang membantu siswa untuk semakin aktif terlibat dalam diskusi yang berhubungan dengan konsep-konsep yang belum dipahami dengan benar (2) lembar kerja siswa disiapkan dengan prosedur yang jelas untuk membuat peta konsep (3) Siswa membutuhkan waktu 40 menit untuk satu lembaran kerja siswa pada siklus I namun hal ini teratasi pada siklus II karena siswa sudah mampu memahami cara menyusun peta konsep (4) siswa tidak memiliki pengetahuan awal tentang peta konsep sehingga mengalami kesulitan dalam membuat peta konsep serta terbatas dalam menggunakan kata-kata penghubung untuk mengaitkan konsep-konsep yang sudah dipelajari sedangkan pada siklus II siswa dapat menggunakan kata-kata penghubung dengan lebih baik (5) Hasil belajar menunjukkan bahwa 40% (12 siswa) mencapai skor dibawah 65 dan 60% (18 siswa) mencapai skor lebih atau sama dengan 65 pada siklus I namun pada siklus II hasil belajar menunjukkan bahwa 87.5 % siswa mencapai skor 65 ke atas dan hal itu berarti bahwa kriteria keberhasilan sudah tercapai. Dengan demikian siklus pembelajaran sudah dapat dihentikan. Dalam hal ini Siswa sudah memahami pengertian peta konsep dengan baik hal ini tergambar dari hasil kerja yang ditunjukkan dan kesanggupan mengerjakan sendiri tanpa adanya diskusi kelompok. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas diberikan beberapa saran sebagai berikut (1) perlu adanya kesiapan guru sebelum menyampaikan materi kepada siswa terutama dalam penyusunan peta konsep (2) sebelum pembelajaran dimulai siswa sudah mempersiapkan diri terlebih dahulu di rumah. Disamping itu siswa juga diharapkan tidak mengulang kesalahan yang sama dalam pembuatan peta konsep khususnya dalam menentukan kata penghubung dan konsep-konsep yang tepat (3) Bagi para peneliti yang menginginkan penelitian yang sama tesis ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan penelitian selanjutnya. ABSTRACT Bali Yanti Selfi. 2009. Implementation of concept mapping in the effort of building students comprehending in composition function concept at students in class XI-IPS1 SMAK St. Albertus Malang. Thesis Mathematics Program Pascasarjana Program University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (II) Prof. Drs. Purwanto Ph.D Kata Kunci comprehending composition function concept mapping strategy. Mathematic is the universal science that base on the development of modern technology. The development of technology is deeply connected with the human mind and knowledge that she/he has it. In learning mathematic human do not only memorize the roles but also need understanding comprehending and skillful in it. Thinking about comprehending problems in instructional material the research took preleminary step in conducting this situation. She did interview with several senior high schools teachers and also the students at SMAK St. Albertus Malang. The result show that the students comprehending of concepts still less and even some did not have comprehending of concept but still memorize the mathematic roles. Based on the problems above it is needed to have meaningful teaching in order students can realy comprehend the materials that they have it. The students are expected to have construct the new knowledge particularly they are able to make connect among concepts princips and facts that they study. The interrelation among concpets princips and facts can be drew like concept lining. The concept lining is not random but still need to construct. This lining is called concept mapping. The main problem in this research is what design and how the implementation of teaching through concept mapping strategy can build students comprehending at students in class XI-IS1 SMAK St. Albertus Malang. The aims of this research are to have the design and the implementation of teaching through concept mapping strategy that can build students comprehending of composisition function concept at the students who sit in class XI-IS 1 SMAK St. Albertus Malang. This reseach is action research with the steps as follows planning implementing observing reflecting as the cicle that can be conducted reply until the aims are achieved. For this research the cicyles are applied twice ( two cycles) Teaching activity in first cycle was implemented in three teaching times and in second cycle is done only one teaching time. Each teaching time covers introduction activity main activity and closing activity. The introduction activity covering greetings pray and informing aims of teaching with concept mapping strategy telling things that have done in every meeting. Main activity covering distrubuting LKS group discussion in designing concept mapping based on the instructions in LKS. The closing activity covering the collecting of students work and closing the teacing at that moment. The findings of this research show that (1) concept mapping strategy for composisition function concept material is done threee times in the first cycle with group discussion can help students to actively involve in discussion that is related with the concept that they did not rightly understand. (2) students work sheets are provided with clearly procedur in designing concept mapping (3) students need 40 menit in doing the work in frist cycle although it can be handle in second cycle because of they have able to comprehen the ways in making concept mapping (4) the students have not pre-knowledge about concept mapping and in the beginning they have difficulties in making concept mapping and also less in using connected words to connect the concepts that they have studied whereas in second cycle the students can use the connector as good as possible (5) the tsudnets achievement show that 40 % (12 students) can reach under point 65 and 60 % ( 18 students) have point more or same with point 65 in frist cycle and increase in second cycle when learning achievement show that 87.5% of students have achieve point 65 above and it means that the success of criteria is achieved. Therefore the cycle can be stopped. In this case the students have good comprehending about the materials with the use of concept mapping strategy in which they show their ability in doing tasks independenty without group work. Based on the findings of the study above some suggestions are provided in this research such as follows (1) it is needed teachers preparation before teachers display the material for the students particularly in designing concept mapping (2) before teaching students need to prepare at home and it is expected to students do not have make mistake again in making concpet mapping specific in determining words connector and righly concepts. (3) it can be used as useful reference for other research who want to conduct the same research but in different school.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110148 |
Actions (login required)
View Item |