Peningkatan kualitas pembelajarn statistika dengan pendekatan realistik pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 kota Bima / Daria Affani Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kualitas pembelajarn statistika dengan pendekatan realistik pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 kota Bima / Daria Affani Hadi

Hadi, Daria Affani (2009) Peningkatan kualitas pembelajarn statistika dengan pendekatan realistik pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 kota Bima / Daria Affani Hadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Dalam proses pembelajaran statistika dengan menggunakan pendekatan realistik siswa diarahkan dan diikutsertakan dalam kegiatan mengumpulkan mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram garis diagram batang dan diagram lingkaran bukan sekedar pemerolehan informasi seperti yang terjadi selama ini yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher oriented) dan bukan berpusat pada siswa (student oriented). Dalam penelitian ini dirumuskan (1) bagaimanakah deskripsi pendekatan realistik yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran materi statistika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bima dan (2) apakah pendekatan realistik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran materi statistika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bima . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Bima. Sumber data dipilih kelas XI Program IPA 1 dengan subjek penelitian terdiri dari 6 orang siswa. Kata kunci peningkatan pembelajaran statistika pendekatan realistik Abstract Within the process of statistics learning using realistic approach students are led and involved in the activities of collecting processing and presenting data in the forms of graphs bar charts and pie charts not only obtaining information as have been found nowadays that is teacher-oriented learning rather than student-oriented learning. The research problems formulated in this study are (1) what are the descriptions of realistic approach that can improve the quality of learning statistics materials of second-grade students in SMA Negeri 4 of Kota Bima and (2) can realistic approach improve the quality of learning statistics materials of second-grade students in SMA Negeri 4 of Kota Bima This study employs qualitative approach and a collaborative class-action research design. The study is conducted in SMA Negeri 4 of Kota Bima. The source of data is IPA 1 program of second-grade class. The subjects of this study consist of 6 students. Keywords improvement learning statistics realistic approach

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110147

Actions (login required)

View Item View Item