Wicaksono, Akhmad Agung (2009) Pembelajaran dengan metode stad pada mata kuliah persamaan diferensial biasa materi "Transformasi Laplace" di S1 matematika FMIPA UM Malang / Akhmad Agung Wicaksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wicaksono Akhmad Agung. 2008. Pembelajaran dengan Metode STAD pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa Materi Transformasi Laplace di S1Matematika FMIPA UM Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Akbar Sutawidjaja (II) Dr. Tjang Daniel Chandra. Kata kunci perkuliahan pembelajaran metode belajar STAD Tes Akhir Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini sebenarnya bertujuan untuk mendiskripsikan metode belajar STAD yang dapat membantu pemahaman mahasiswa S1 Matematika FMIPA UM Malang peserta Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa pada Semester Genap 2006/2007 yang diajar oleh Bapak Sudirman atas materi Transformasi Laplace pada perkuliahan Persamaan Diferensial Biasa. Pendiskripsian metode belajar STAD untuk pembelajaran materi Transformasi Laplace terdiri dari persiapan sebelum pembelajaran pelaksanaan pembelajaran di kelas yang diupayakan mengikuti metode belajar STAD dimana mahasiswa belajar kelompok di kelompoknya masing-masing untuk mengerjakan tugas-tugas pada Lembar Kerja Mahasiswa penyusunan soal-soal tes / kuis setelah pembelajaran dengan metode belajar STAD refleksi terhadap pembelajaran dengan metode STAD. Pemahaman mahasiswa atas materi Transformasi Laplace Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa dapat diketahui dari jawaban-jawaban mahasiswa atas soal-soal Tes Akhir di dalam suatu siklus penelitian. Penyusunan soal-soal Tes Akhir tersebut seharusnya mengikuti saran-saran atau langkah-langkah tentang penyusunan soal-soal kuis-kuis atau tes-tes pada metode belajar STAD. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Matematika FMIPA UM Malang non-kependidikan reguler dari Offering G-G dan H-H yang mengikuti Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa yang diajar oleh Bapak Sudirman pada Semester Genap 2006/2007. Penulis hanya memperhatikan mahasiswa yang pernah berpartisipasi dalam perkuliahan di kelas yang diisi pembelajaran dengan metode belajar STAD. Pada penelitian ini pengamatan dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pengajar kegiatan mahasiswa kegiatan kelompok dan jawaban-jawaban mahasiswa atas Tes Akhir. Penelitian ini menggunakan dua indikator untuk mengukur keberhasilan siklus penelitian yaitu kesuksesan proses pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa melalui Tes Akhir. Kesuksesan proses pembelajaran diukur dengan menggunakan kriteria keberhasilan tindakan yang berdasarkan atas perhitungan NR (Nilai Rata-Rata) dimana keberhasilan tindakan masuk kriteria berhasil bila NR (Nilai Rata-Rata) untuk masing-masing macam kegiatan pembelajaran lebih tinggi dari 50% untuk tiap hari perkuliahan / pembelajaran yang diamati. Target tentang hasil belajar mahasiswa melalui Tes Akhir dianggap tercapai jika lebih dari 85% mahasiswa dalam satu kelas sukses dalam Tes Akhir. Mahasiswa dikatakan sukses dalam Tes Akhir jika memiliki skor Tes Akhir minimal 6 5. Setelah dilakukan pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan selama perkuliahan yang diisi dengan pembelajaran dengan metode belajar STAD dan pengamatan terhadap jawaban-jawaban mahasiswa atas soal-soal Tes Akhir diperoleh hasil-hasil penelitian. Untuk tiap hari perkuliahan yang diisi pembelajaran dengan metode belajar STAD diperoleh hasil bahwa NR (Nilai Rata-Rata) untuk masing-masing macam kegiatan pembelajaran yang diamati yaitu kegiatan pengajar kegiatan mahasiswa kegiatan kelompok selalu lebih tinggi dari 50%. Sehingga keberhasilan tindakan masuk ke dalam kriteria berhasil. Maka kesuksesan proses pembelajaran dapat terpenuhi. Sebagian besar mahasiswa belum sukses dalam menguasai materi Transformasi Laplace sesuai dengan harapan peneliti. Hal ini karena sebagian besar mahasiswa tidak berhasil dalam menyelesaikan persamaan diferensial biasa dengan bantuan Transformasi Laplace maupun semua mahasiswa memiliki skor Tes Akhir yang bersifat close book di bawah 6 5. Ini ditunjukkan oleh jawaban-jawaban mahasiswa atas Tes Akhir yang bersifat close book dimana hanya 5 mahasiswa yang sukses dalam menjawab setidaknya satu soal mengenai penyelesaian persamaan diferensial dengan bantuan Transformasi Laplace pada Tes Akhir dari 26 mahasiswa yang pernah berpartisipasi pada perkuliahan yang diisi pembelajaran dengan metode belajar STAD Terdapat kemungkinan-kemungkinan yang dapat menjadi penyebab hasil Tes Akhir close book mengecewakan sehingga pembelajaran dengan metode STAD yang peneliti terapkan belum berhasil pada siklus penelitian/pembelajaran yang pertama. Diantaranya adalah masalah dalam penyusunan soal-soal Tes Akhir dan penyusunan lembar kerja-lembar kerja belum ada antisipasi yang cukup dan jelas terhadap absensi mahasiswa waktu pembelajaran masih kurang (mungkin perlu hingga lima pertemuan untuk pembelajaran dengan metode STAD di kelas daripada hanya tiga pertemuan) selama pembelajaran kurang latihan soal kegiatan-kegiatan pengajar seperti pengantar untuk perkuliahan hari itu pengawasan dan bantuan pengajar masih kurang. Berdasarkan data pada jawaban-jawaban mahasiswa atas soal-soal Tes Akhir yang bersifat close book disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode belajar STAD yang peneliti terapkan belum berhasil pada siklus penelitian yang pertama. Seharusnya dilanjutkan ke siklus penelitian berikutnya hingga penelitian atau pembelajaran dapat dikatakan berhasil yaitu bila keberhasilan siklus penelitian dapat tercapai. Kelemahan penelitian ini yaitu hanya melibatkan satu siklus penelitan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110145 |
Actions (login required)
View Item |