Prosedur pembelajaran hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama melalui peran siswa dalam wacana bagi siswa kelas VIII Mts Al-Ma'arif 01 Singosari-Malang / Yuli Fitrianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Prosedur pembelajaran hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama melalui peran siswa dalam wacana bagi siswa kelas VIII Mts Al-Ma'arif 01 Singosari-Malang / Yuli Fitrianti

Fitrianti, Yuli (2009) Prosedur pembelajaran hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama melalui peran siswa dalam wacana bagi siswa kelas VIII Mts Al-Ma'arif 01 Singosari-Malang / Yuli Fitrianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi siswa MTs Al Maarif 01 Singosari-Malang. Peneliti mendapatkan informasi bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengenal dan menerapkan hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama. Dari hasil pengamatan peneliti menemukan bahwa pembelajaran kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk berpartisipasi. Hal ini disebabkan karena pembelajaran berpusat pada guru. Siswa tidak memiliki kesempatan untuk membangun konsepnya sendiri. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman siswa terhadap hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama melalui peran siswa dalam wacana. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan prosedur pembelajaran yang dapat membangun pemahaman siswa terhadap hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama melalui peran siswa dalam wacana bagi siswa kelas VIII MTs Al-Ma arif 01 Singosari-Malang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII MTs Al Ma arif 01 Singosari-Malang. Pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan kerangka pembelajaran yang terdiri dari 5 wacana. Masing-masing wacana memiliki tema dan tujuan yang berbeda namun saling terkait. Pertama Pendefinisian Sudut Pusat dan Sudut Keliling bertujuan agar siswa dapat mendefinisikan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran yang menghadap busur yang sama. Kedua Pengenalan Hubungan Sudut Pusat dan Sudut Keliling yang Menghadap Busur yang Sama I bertujuan agar siswa dapat menemukan hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama. Ketiga Pengenalan Hubungan Sudut Pusat dan Sudut Keliling yang Menghadap Busur yang Sama II bertujuan agar siswa dapat menguraikan pembuktian tentang hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama. Keempat Penentuan Besar Sudut Keliling yang Menghadap Diameter Lingkaran bertujuan agar siswa dapat menggunakan hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama dalam menentukan besar sudut keliling yang menghadap diameter lingkaran Kelima Pemecahan Masalah bertujuan agar siswa dapat menerapkan hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama dalam pemecahan masalah. Lima Wacana tersebut diberikan dalam satu siklus pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I menyatakan bahwa ketuntasan siswa dalam pembelajaran hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama adalah 8 8%. Walaupun siswa menunjukkan respon yang positif namun prestasi belajar mereka masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya waktu pembelajaran yang seharusnya tersedia sehingga ada beberapa kegiatan yang tidak terlaksana secara maksimal termasuk tidak terlaksananya presentasi hasil LKS. Berdasarkan kekurangan yang terjadi pada siklus I maka pembelajaran pada siklus II difokuskan pada presentasi hasil LKS dan diskusi kelas. Ketuntasan siswa dalam pembelajaran hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama pada siklus II mencapai 90%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa prosedur pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berhasil sebagai suatu prosedur pembelajaran yang dapat membangun pemahaman siswa terhadap hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama pada siswa MTs Al Ma arif 01 Singosari Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110139

Actions (login required)

View Item View Item