Penerapan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMK Negeri 4 Malang / Dwi Ratnaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMK Negeri 4 Malang / Dwi Ratnaningsih

Ratnaningsih, Dwi (2011) Penerapan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMK Negeri 4 Malang / Dwi Ratnaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nengah Parta M.Si. (2) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci Realistic Mathematics Education (RME) Motivasi Belajar Aspek-aspek Motivasi. Realistic Mathematics Education (RME) merupakan alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa karena dalam RME siswa diberi kesempatan untuk menemukan kembali ide dan konsep matematika dengan caranya sendiri melalui bimbingan orang dewasa (Gravemeijer 1994). Kemudian siswa diberi kesempatan mengaplikasikan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari atau masalah dalam bidang lain sehingga siswa mengetahui relevansi matematika dengan kehidupan sehari-hari. Menurut Keller (2009 45) motivasi belajar siswa dapat dilihat dari aspek Attention (Perhatian) Relevance (Keterkaitan) Confidence (Percaya Diri) dan Satisfaction (Kepuasan). Penelitian terjadi dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL-B tahun pembelajaran 2010-2011. Data berasal dari hasil a) pekerjaan siswa b) observasi c) angket dan d) catatan lapangan. Sintaks pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa terdiri dari tahap (1) Pendahuluan (2) Diskusi Kelompok (3) Diskusi Kelas (4) Latihan Pemantapan (5) Penutup. Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan aktivitas siswa pada aspek Attention Relevance Confidence dan Satisfaction secara berurutan termasuk sangat tinggi tinggi sedang dan tinggi yaitu 91 67% 88 33% 72 50% dan 83 75%. Tes hasil belajar menunjukkan 85 37% siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan 14 63% belum memenuhi. Angket siswa menunjukkan persentase banyaknya siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi tinggi sedang secara berurutan adalah 4 87 % 80 47 % dan 14 63 %. Pada siklus 2 aktivitas siswa pada aspek Attention Relevance Confidence dan Satisfaction secara berurutan termasuk sangat tinggi sangat tinggi tinggi dan sangat tinggi yaitu 93 33% 92 50% 88 33% dan 90 00%. Tes hasil belajar menunjukkan 87 80% siswa telah memenuhi KKM dan 12 20% belum memenuhi. Angket siswa menunjukkan persentase banyaknya siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi tinggi dan sedang secara berturut-turut adalah 9 76% 80 49% dan 9 76%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110135

Actions (login required)

View Item View Item