Eksplorasi pemahaman mahasiswa mengenai konsep keterbagian bilangan bulat / Maryono - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi pemahaman mahasiswa mengenai konsep keterbagian bilangan bulat / Maryono

Maryono (2010) Eksplorasi pemahaman mahasiswa mengenai konsep keterbagian bilangan bulat / Maryono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maryono. 2008. Eksplorasi Pemahaman Mahasiswa Mengenai Konsep Keterbagian Bilangan Bulat. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (II) Drs. Purwanto Ph.D. Kata Kunci Eksplorasi Pemahaman Konsep Keterbagian Bilangan Bulat Teori APOS Teori Triad Perkembangan Skema. Teori APOS dapat digunakan sebagai suatu alat analisis untuk mendeskripsikan perkembangan skema seseorang pada suatu topik matematika yang merupakan totalitas dari pengetahuan yang terkait terhadap topik tersebut. Teori APOS yang dikaitkan dengan Teori Triad dari Piaget dan Garcia telah digunakan dalam beberapa penelitian mengenai pemahaman mahasiswa dan siswa tentang berbagai topik matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa tentang konsep keterbagian bilangan bulat dan strategi kognitif yang digunakan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang keterbagian bilangan bulat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) melihat latar subjek (2) menyiapkan soal-soal tes tertulis dan wawancara (3) mengadakan tes tertulis (4) mengoreksi hasil tes tertulis (5)mengadakan wawancara (6) menganalisis dan mendeskripsikan tingkat pemahaman subjek dalam kerangka Teori APOS yang dikaitkan dengan Teori Triad perkembangan skema (7) melakukan pembahasan terhadap paparan data dan temuan penelitian dan (8) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahamanmahasiswa mengenai keterbagian bilangan bulat berada pada empat tahap tertentu dari kerangka Teori APOS yaitu aksi (rata-rata 18 09 %) proses (rata-rata 8 21 %) objek (rata-rata 34 04 %) dan skema (rata-rata 17 93 %). Jadi secara umum tingkat pemahaman mahasiswa berada pada tahap objek. Adapun karakteristik masing-masing tahapadalah sebagai berikut (1) aksi mahasiswa hanya mampu menentukan suatu bilangan membagi bilangan lain atau menentukan ada atau tidak ada antara bilangan x dan bilangan y yang habis dibagi z dengan cara menghitung langsung (2) proses mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana menentukan suatu bilangan membagi bilangan lain atau menentukan ada atau tidak ada antara bilangan x dan bilangan y yang habis dibagi z tanpa harus menghitung langsung tetapi hanya dalam imajinasi atau akan melakukan hitungan langsung tetapi tidak benar-benar dilaksanakan (3) objek mahasiswa mampu menggunakan definisi dalil-dalil atau sifat-sifat yang ada pada keterbagian bilangan bulat untuk menyelesaikan soal dan (4) skema mahasiswa mampu menggunakan definisi dalil-dalil atau sifat-sifat yang ada pada keterbagian bilangan bulat serta objek matematika yang lain untuk menyelesaikan soal. ABSTRACT Maryono. 2008. Exploration of Student s Understanding about Divisibility of Integer s Number Concept. Thesis Mathematics Education Study Program Postgraduate Program State University of Malang. Advisors (I) Prof. H Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (II) Drs. Purwanto Ph.D. Key Words Exploration Understanding Divisibility of Integer s Number Concept APOS Theory Triad Scheme Development Theory. APOS Theory can be used as an analysis instrument to describe someone s development scheme on mathematics topic which is a totality of related knowledge to the topic. APOS theory which is related to triad Theory from Piaget and Garcia has been used in some research about student s understanding about many mathematics topics. Ths research is aimed to know the level of student s understanding about divisibility of integer s number concept and cognitive strategy used by student in solving problems about divisibility of integer s number. The approach used in this research is qualitative approach by descriptive research type. The steps done in this research are (1) looking the background of subject (2) preparing written test question and interview (3) conducting written test (4) evaluating the result of written test (5) conducting interview (6) analyzing and describing the level of subject understanding in APOS Theory framework related to Triad Scheme Development Theory (7) discussing the data explanation and research finding and (8) conclussing the result of research . The result of research shows that the level of student s understanding about divisibility of integer s number is on four certain step of APOS theory framework namely action (rate 18 09 %) process (rate 8 21 %) object (rate 34 04 %) and scheme (rate 17 93 %). So in general the level of students understanding is on the object level. The characteristics of each steps is as follows (1) action student just can decide a number divide other number or decide of there is between x and y number divided z whith counting directly (2) process the student can explain how to decide a number divide other number or decide of there is between x and y number divided z without direct counting but only in imagination or will count directly but is not really done (3) object the student can use thedefinition theorem or properties of divisibility of integer s numberto solve the problem and (4) scheme the student is able to use the definition theorem or properties of divisibility of integer s number and other mathematics object to solve the problem

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110133

Actions (login required)

View Item View Item