Penerapan pembelajaran model STAD untuk meningkatkan pemahaman fungsi linier siswa kelas X SMK Singhasari Kota Malang / Sumadji - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model STAD untuk meningkatkan pemahaman fungsi linier siswa kelas X SMK Singhasari Kota Malang / Sumadji

Sumadji (2009) Penerapan pembelajaran model STAD untuk meningkatkan pemahaman fungsi linier siswa kelas X SMK Singhasari Kota Malang / Sumadji. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran konvensional yang sering dilakukan pembelajar didominasi oleh ceramah dan cara-cara yang mengedepankan pemberian pengetahuan prosedural. Dengan pembelajaran seperti itu tidak akan cukup untuk membuat siswa memahami matematika secara bermakna. Oleh karena itu hendaknya siswa diberdayakan aktif terlibat dalam membangun pengetahuan matematika dengan pengalamannya dalam suatu pembelajaran. Pembelajaran yang memberi kesempatan siswa aktif membangun penge-tahuan matematika dapat terwujud dalam pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams-Achievement Divisions). Pembelajaran STAD adalah pembelaja-ran kooperatif yang membagi siswa ke dalam kelompok kecil masing-masing terdiri atas 4 orang yang bersifat heterogen dalam kemampuan akademik etnik dan jenis kelamin serta menempuh tahap-tahap tertentu. Berdasarkan pengalaman mengajar bertahun-tahun peneliti dapat me- ngetahui bahwa siswa SMK Singhasari tidak memahami secara baik materi pe-nerapan fungsi linier . Keprihatinan ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian kualitatif yang difokuskan pada bagaimana penerapan pembelajaran model STAD untuk meningkatkan pemahaman fungsi linier siswa kelas X SMK Singhasari Kota Malang Penelitian ini dianggap berhasil apabila skor proses pembelajaran dan skor hasil belajar siswa telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu skor proses pembelajaran terletak pada interval 75% 100% skor hasil belajar dari 85% atau lebih siswa mendapatkan skor sedikitnya 65% dan terjadi peningkatan pe-mahaman siswa selama proses pembelajaran. Dari hasil wawancara diketahui bahwa siswa masih membuat kesalahan matematika sekolah dasar dan terbiasa bekerja tidak teliti. Diperoleh skor rerata proses pembelajaran 89 76% dan hasil belajar siswa 83 29 yang keduanya telah mencapai batas kriteria keberhasilan. Sedangkan akumulasi peningkatan pema-haman siswa terhadap materi ajar adalah 18 78%. Akhirnya penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model STAD dapat meningkatkan pemahaman fungsi linier siswa kelas X SMK Singhasari Kota Malang dengan tambahan pemberian pekerjaan rumah dan penggunaan soal subyektif pada setiap kuisnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110129

Actions (login required)

View Item View Item