Penyusunan learning assignment untuk pembelajaran persamaan diferensial dengan bantuan CAS (Computer Algebra System) / Rawansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyusunan learning assignment untuk pembelajaran persamaan diferensial dengan bantuan CAS (Computer Algebra System) / Rawansyah

Rawansyah (2010) Penyusunan learning assignment untuk pembelajaran persamaan diferensial dengan bantuan CAS (Computer Algebra System) / Rawansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rawansyah 2007. Penyusunan Learning Assignment Untuk Pembelajaran Persamaan Diferensial Dengan Bantuan CAS (Computer Algebra System) Tesis tidak dipublikasikan Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Purwanto Ph.D. (2) Drs. M. Shohibul Kahfi MPd. Kata kunci CAS dimensions of learning scaffolding persamaan diferensial learning assignment worksheet derive. Metodologi pembelajaran telah mengalami pergeseran sedikit demi sedikit dengan adanya perkembangan teknologi. Beberapa penelitian maupun seminar telah dilakukan. Belajar sudah tidak lagi cukup hanya dengan menemukan suatu nilai (x) tetapi harus menjawab apa itu x bagaimana seandainya x ditambah nilainya dengan ukuran tertentu apa yang harus dilakukan agar nilainya bertambah sebesar ukuran tertentu tersebut Penelitian ini ingin mengamati bagaimana jika cara belajar dengan memanfaatkan teknologi seperti itu diterapkan di Jurusan Teknik Elektro (TE) Politeknik Negeri Malang. Sebagai alatnya telah disiapkan Learning Assignment (LA) buatan sendiri Laboratorium Komputer software teori berupa Dimensions Of Learning (DOL) materi berupa Persamaan Diferensial (PD) dan pendukung lainnya. Rancangan LA terdiri dari 5 buah LA yang diberi nama LA-1 LA-2 LA-3 LA-4 dan LA-5. Kelima LA ini disajikan dalam 3 sesi 3 jam pelajaran (135 menit). Dalam LA ini diperkenalkan perintah-perintah dasar SEPARABLE dan DSOLVE1 dan VECTOR. Dari 5 buah LA ini dihasilkan 3 Assignment sebagai feedback semuanya dikerjakan di Laboratorium Komputasi terdefinisikan sebagai Siklus Tindakan 1. Sebuah Final Assignment telah dirancang sebagai alat penguji keberhasilan secara keseluruhan dikerjakan dalam waktu satu sesi yang terpantau. Final Assignment ini didefinisikan sebagai Siklus Tindakan 2 yang diberikan bila hasil evaluasi pada Siklus Tindakan 1 telah dianggap berhasil melampaui passing grade yang telah ditetapkan sebelumya. Feedback dievaluasi dari segi isi dan dari segi pencapaian butir-butir DOL. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa cara belajar seperti ini layak diterapkan pada mahasiwa TE karena capaian pemahaman sintaks SEPARABLE dan DSOLVE1 yang ditagihkan pada LA-2 sebesar 65.45 dan 89.09 persen yang maknanya sangat baik. Tagihan pada LA-3 yang memuat sintaks VECTOR sebesar 71.6 persen. Tinjauan pedagogis menunjukkan bahwa LA mampu mendorong kegiatan belajar mahasiswa disamping dapat memenuhi kelima dimensi belajar secara baik. Akhirnya peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan LA ini dapat direkomendasikan untuk diterapkan di Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang khususnya umumnya di perguruan tinggi teknik. Selanjutnya disarankan agar lebih banyak mata kuliah yang disajikan akrab dengan komputer banyak memberikan penekanan kepada kemampuan membaca grafik dosen lebih banyak mencoba merangsang mahasiswa untuk belajar secara in-depth dan mengasah kemampuan analisis mereka. ABSTRACT Rawansyah. 2007. Composing Learning Assignment For Differential Equation Learning by Using CAS (Computer Algebra System) unpublished thesis. Department of Mathematic Education Post-Graduate Program of State University of Malang. Advisors (1) Drs. Purwanto Ph.D. (2) Drs. M. Shohibul Kahfi MPd. Key words CAS dimensions of learning scaffolding differential equation learning assignment worksheet derive. Teaching and learning method has changed from time to time in relation with development of technology. Some research and seminars has been conducted. Learning nowadays is not sufficient by finding the value of variable (x) but it is a must to explain what it is what happen to x if it is added by certain value what must be done in order to make x changed as desired. This research wants to implement the way of learning method in Politeknik especially Electrical Department. The Learning Assignment (LA) as a special aid has been prepared as well as Computation Laboratory software the theory of Dimensions Of Learning (DOL) the topic and others. The design of LA consists of 5 LAs LA-1 LA-2 LA-3 LA-4 LA-5. All of them are presented in 3 sessions 3 meeting hours (135 minutes). In these LA some syntax such as SEPARABLE DSOLVE1 VECTOR are introduced. From these 5 Las 3 Assignments as feedback are pruduced and the students have to do all of them in the Computation Laboratory. All of these actions are 1st Cycle. A Final Assignment have been designed as an assesment that must be done in the Computational Laboratory within one session under control of the researcher. This Final Assignment is 2nd Cycle which will be conducted if the result of 1st Cycle can reach a certain grade. The feedback will be evaluated in accordance with contents and the achievement of the DOL. The result shows that this method of learning is appropriate to be applied in Politeknik especially for the students of Electrical Department since the achievement of SEPARABLE and DSOLVE1 syntaxreaches 65.45% and 89.09% which means excellent. The achievement of VECTOR syntax is 71.6%. Paedagogically the LA are able to encourage the students in learning activity besides they can fulfill the 5 items of DOL. Finally the researcher conclude that tthis learning method can be recommended to be applied in Politeknik especially Electrical Department. Furthermore it is sugested that more subjects are presented by using computer give stressing in the ability to apreciate the graphic presentation the lecturer try to encourage students to learn in-depth and to sharpen their analysis ability.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110126

Actions (login required)

View Item View Item