Nur Hardiani (2009) Hubungan antara kecerdasan majemuk (multiple intelligences) dengan hasil belajar matematika dan kecenderungan kesalahan siswa kelas X SMU Negeri 1 Pamekasan pada pokok bahasan trigonometri / Nur Hardiani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Belajar matematika erat kaitannya dengan kecerdasan linguistik logika matematika dan spasial. Namun hal itu berbeda dengan Gardner belajar matematika dapat menggunakan kecerdasan musik kinestetik interpersonal intrapersonal dan natural. Semua kecerdasan itu dirumuskan oleh Gardner dalam teorinya kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan ukuran besarnya koefisien korelasi antara kecerdasan majemuk siswa SMU dengan hasil belajar matematika dan mengungkapkan kecenderungan kesalahan yang dibuat oleh siswa SMU berdasarkan kecerdasan yang dimiliki dalam menyelesaikan soal-soal tes hasil belajar matematika pada pokok bahasan Trigonometri. Penelitian ini menggunakan 2 pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data pertama dilakukan pembobotan jawaban siswa dari kuesioner kecerdasan majemuk dan penilaian hasil tes matematika siswa. Kemudian pentabulasian data dan menentukan besarnya koefisien korelasi pada masing-masing kecerdasan dalam kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar matematika. Terakhir menentukan kuantitas jenis kesalahan ketrampilan dan kesalahan konseptual serta kecenderungan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal Trigonometri berdasarkan jenis kecerdasan yang yang dimiliki. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ada dua kecerdasan yang mempunyai hubungan rendah terhadap hasil belajar matematika yaitu kecerdasan linguistik dan logika dengan koefisien korelasi 0 3. Sedangkan enam kecerdasan yang lain hubungannya sangat rendah terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi kurang dari 0 1. Namun di antara kedelapan kecerdasan majemuk hanya dua yang mempunyai koefisien korelasi yang bertanda negatif yaitu kecerdasan linguistik dan natural. Artinya semakin tinggi kecerdasan linguistik atau natural akan semakin rendah hasil belajar matematikanya. Demikian pula sebaliknya. Sedangkan hasil dari selesaian yang dilakukan oleh siswa kecenderungan kesalahan konseptual merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa baik yang cenderung memiliki 1 kecerdasan 2 kecerdasan maupun 3 kecerdasan daripada melakukan kesalahan ketrampilan. Disarankan bagi guru untuk mengoptimalkan kecerdasan yang dimiliki masing-masing siswa selain kecerdasan logika matematika dalam strategi pembelajaran yang tepat dan dapat mengurangi kesalahan konseptual yang dilakukan oleh siswa khususnya dalam pokok bahasan trigonometri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110124 |
Actions (login required)
View Item |