Instagram in the teaching of writing through process-genre based approach for university freshmen / Rosyida Asma'ul Husna

Husna, Rosyida Asma'ul (2019) Instagram in the teaching of writing through process-genre based approach for university freshmen / Rosyida Asma'ul Husna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Husna, Rosyida Asma’ul. 2019. Instagram in the Teaching of Writing through Process-Genre Based Approach for University Freshmen. Tesis, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mirjam Anuhgerahwati, M. Pd., (II) Dr. Furaidah, M.Pd. Kata Kunci: Instagram, Kemampuan Menulis, Pendekatan Prosess-Genre, Pengajaran Berbasis Refleksi Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana penggunaan Instagram dalam meningkatkan kemampuan menulis melalui pendekatan proses-genre pada mahasiswa tahun pertama. Oleh karenanya, penelitian ini menerapakan rancangan penelitian kualitatif, yang dikemas dalam bentuk pengajaran berbasis refleksi. Subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama di salah satu Perguruan Tinggi swasta di Jawa Timur, khususnya pada program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dimana subjek merupakan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ESP pada Writing skill. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai dosen pengampu, sekaligus sebagai tokoh yang bertanggung-jawab atas penilaian terhadap tulisan mahasiswa tersebut. Sebagai data tambahan, penelitian ini juga didukung oleh jurnal refleksi kegiatan sehari-hari dan kuesioner tentang refleksi mahasiswa terkait penggunaan Instagram dalam proses pengajaran mata kuliah Writing skill. Hasil penelitian merupakan hasil refleksi yang diperoleh peneliti dalam pengajaran writing skill melalui pendekatan berbasis proses-genre. Pertama, berdasarkan hasil refleksi peneliti, Instagram mampu menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan membantu mahasiswa untuk membuat deskripi yang secara mendetail. Akan tetapi, peneliti masih menemukan sebuah fakta bahwa sejumlah mahasiswa masih sering bertanya tentang arti kata selama proses menulis berlangsung. Untuk menanggulangi masalah tersebut, ponsel pintar dan handout tambahan digunakan sebagai media yang diharapkan efektif dalam membantu mahasiswa memecahkan permasalahan tersebut. Kedua, peneliti menemukan bahwa keputusan untuk memilih pendekatan berbasis proses-genre mampu membantu mahasiswa untuk membangun kooperativitas mahasiswa, khususnya pada tahap JCOT, sehingga mereka mampu membuat sejumlah postingan di akun Instagram mereka. Terakhir, Instagram telah membantu peneliti untuk mengembangkan keterampilan menulis untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam berkomunikasi. Untuk membantu perwujudannya, peneliti memberikan waktu yang cukup lama untuk mengedit/memperbaiki postingan mereka menjadi lebih bermakna. Untuk berikutnya, diharapkan peneliti di masa mendatang untuk membuat refleksi pada pengajaran yang dilaksanakan secara reguler dan memberikan lebih banyak waktu dalam menyusun penelitian semacam ini agar mendapatkan hasil refleksi yang lebih baik dan kaya akan makna. Di samping itu, penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran pada peneliti di masa mendatang bahwa Instagram akan mengalami sejumlah peningkatan seiring dengan bertambahnya waktu, dimana peningkatan tersebut pasti akan memberikan dampak positif bagi proses pengajaran skill yang lain – contoh; keterampilan listening dan speaking bisa dikembangkan melalui penggunaan IG TV dan IG Story, sementara reading bisa dikembangakan melalui kolom pemberian komentar dan deskripsi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110116

Actions (login required)

View Item View Item