Sabrowi, Moch. (2019) Understanding the varieties of research experience: stories of undergraduate students / Moch. Sabrowi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sabrowi Moch. 2019. Memahami Macam-macam Pengalaman dalam Penelitian Cerita Mahasiswa Sarjana. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Prof. Mohammad Adnan Latief M.A. Ph.D (2) Prof. Dr. Yazid Basthomi. M.A Keywords pengalaman penelitian penelitian naratif. Kegiatan penelitian dianggap sebagai salah satu cara penting dalam praktik pendidikan yang berdampak tinggi. Terlibat dalam penelitian dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam berbagai cara. Namun mereka pasti menemui beberapa tantangan dalam proses penelitian untuk mendapatkan manfaat dari pengalaman penelitian. Dalam menghadapi beberapa tantangan dalam penelitian mahasiswa harus menemukan beberapa strategi untuk menangani tantangan mereka agar bisa menyelesaikan penelitian mereka. Mereka pasti memiliki strategi mereka sendiri untuk mengatasi tantangan-tantangan yang berbeda dalam proses penelitian. Melalui pemahaman informasi yang komprehensif tentang pengalaman siswa dalam proses penelitian lembaga pendidikan tinggi atau pengembang kurikulum mungkin dapat mengembangkan kurikulum penelitian yang sesuai untuk memberikan pengalaman penelitian yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan pengalaman mahasiswa sarjana yang berhubungan dengan tantangan-tantangan dalam proses penelitian dan upaya mereka untuk mengatasi tantangan itu dalam penelitian mereka. Penelitian naratif sangat sesuai untuk penelitian ini karena digunakan untuk memahami pengalaman kehidupan nyata saat ini melalui cerita-cerita para peserta penelitian. Partisipan penelitian adalah mahasiswa program ELT di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tahun angkatan 2014. Mereka telah menyelesaikan penulisan penelitian mereka dan lulus dari universitas. Dalam penelitian ini analisis tematik digunakan untuk menganalisis data. Teknik analisis ini biasanya digunakan dalam penyelidikan naratif yang datanya dianalisis dengan menggunakan analisis naratif salah satu bentuk penyelidikan naratif yang merujuk pada penggunaan cerita sebagai data biasanya dianalisis melalui konten atau analisis tematik. Studi ini mengungkapkan bahwa mahasiswa umumnya menerapkan berbagai teknik dalam setiap tahap proses penelitian. Yaitu adalah menemukan sebuah topik penelitian dari pengalaman mereka minat membaca banyak artikel penelitian dan tesis pre observasi dan saran teman-teman. Para mahasiswa juga mencari referensi berdasarkan kata kunci penelitian dengan menelusuri daftar referensi penelitian terdahulu meminta saran pembimbing mereka dan memerikas repositori beberapa kampus. Selain itu mereka membuat interpretasi temuan dengan menghubungkan temuan mereka dengan hasil penelitian terdahulu atau memberikan argumen kritis yang didukung teori terhadap temuan. Kemudian mereka mengambil kesimpulan dengan memilih poin-poin penting dari temuan mereka saja atau temuan dan interpretasi mereka atau bahkan semua bab penelitian mereka. Mengenai tantangan mahasiswa dalam proses penelitian mereka umumnya menemui beberapa tantangan tentang kurangnya kemampuan meneliti kurangnya sumber referensi kesulitan dalam penulisan dan bahasa partisipan yang tidak kooperatif proses perizinan yang rumit dan manajemen waktu. Selain itu mereka kebanyakan menangani tantangan tersebut dengan banyak berkonsultasi dan belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |