Pre-service english teachers' good teaching practice / Dwi Yumna Abdullah

Abdullah, Dwi Yumna (2019) Pre-service english teachers' good teaching practice / Dwi Yumna Abdullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdullah, Dwi Yumna. 2019. Pengalaman yang Baik Guru PPL Selama Praktek Pengalaman Lapangan. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A. (II) Prof. Mohammad Adnan Latief, M.A, Ph.D. Kata Kunci: praktikan Bahasa Inggris, praktek pengalaman lapangan Praktik mengajar adalah salah satu tahap paling mendasar dan penting dalam program persiapan guru. Untuk memiliki guru masa depan yang berkualitas, praktikan harus siap sepenuhnya sebelum mereka berlatih mengajar di sekolah. Para praktikan merasa masih ada kesenjangan antara pengetahuan teoritis yang mereka peroleh dalam program pendidikan guru dan praktik mengajar di sekolah. Oleh karena itu, praktik mengajar di sekolah menghubungkan teori yang diajarkan oleh praktikan di kelas. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menemukan praktik mengajar yang baik, masalah, solusi, dan harapan guru pra-layanan Bahasa Inggris selama praktik mengajar di SMA Negeri 3 Makassar dan MAN 1 Makassar. Data diperoleh melalui observasi kelas untuk mengidentifikasi kegiatan praktikan bahasa Inggris selama praktik mengajar, wawancara digunakan untuk mendapatkan data yang tidak diungkapkan melalui data observasi kelas, dan dokumen dan arsip dicari untuk memperkuat substansi pengajaran praktikan. Partisipan dari penelitian ini adalah praktikan Bahasa Inggris, guru pembimbing, dan pengawas universitas di SMA Negeri 3 Makassar dan praktikan, guru pembimbing, dan pengawas universitas di MAN 1 Makassar. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa praktik pengalaman lapangan yang dilakukan oleh praktikan Bahasa Inggris, yaitu menyebutkan satu per satu nama siswa untuk memeriksa daftar hadir sebagai pendekatan untuk mengenal setiap siswa. Kedua, mengintegrasikan teknologi dalam mengajar dengan menggunakan Kahoot!. Ketiga, menggunakan strategy Contextual Teaching and Learning (CTL). Selama praktik pengalaman lapangan, praktikan Bahasa Inggris menemui masalah yaitu manajemen kelas yang buruk, metode yang tidak efektif dalam mengajar tata bahasa, gangguan handphone yang dialami siswa, dan proyektor LCD tidak disediakan oleh sekolah. Selain itu, praktikan, guru pamong, dan pengawas universitas diharapkan untuk mendapatkan manfaat dan membangun kemitraan sekolah-universitas yang sukses. Direkomendasikan kepada praktikan untuk meningkatkan bahan ajar dan berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris. Guru pamong perlu menemani praktikan sebagai pemandu dan panutan. Terakhir, UPT PPL UNM perlu mengadakan pertemuan b erbagi informasi dimana praktikan dapat berbagi informasi tentang pengalaman mereka kepada calon praktikan berikutnya. Diharapkan untuk UPT PPL UNM untuk meningkatkan peran dalam mencapai manfaat maksimal dari praktik pengajaran dan kemitraan sekolah-universitas yang sukses. Peneliti berikutnya disarankan untuk meluangkan lebih banyak waktu untuk mengamati praktik pengalaman lapangan di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110114

Actions (login required)

View Item View Item