ELT student teachers' anxiety during teaching practicum and types of personality traits / Nur Laily Lupita Sari

Sari, Nur Laily Lupita (2020) ELT student teachers' anxiety during teaching practicum and types of personality traits / Nur Laily Lupita Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari, Nur Laily Lupita. 2019. Kecemasan Mengajar pada Mahasiswa KPL Program Pendidikan Bahasa Inggris dan Tipe Kepribadian. Tesis, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono, M.Pd., M.A., Ph.D., (II) Dra. Nunung Suryati, M.Ed., Ph.D. Kata Kunci: Mahasiswa KPL, Praktik Mengajar, Kecemasan, Kepribadian, Big Five Personality Praktik mengajar atau Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) adalah praktik mengajar langsung bagi mahasiswa KPL untuk mengaplikasikan semua teori pengajaran yang telah mereka pelajari selama masa studi mereka. Namun, karena kurangnya pengalaman dalam mengajar dikarenakan ini hal pertama bagi mereka, serta tuntutan beban kerja yang mungkin tidak pernah mereka hadapi sebelumnya, mereka mungkin dapat menghadapi banyak masalah yang menyebabkan kegugupan dan kecemasan. Sementara itu, kepribadian adalah karakteristik yang unik, beragam, dan stabil dari sifat seseorang, maka akan menarik untuk meneliti hubungan antara kegelisahan mahasiswa KPL dalam praktik mengajar menggunakan sudut pandang kepribadian seseorang. Penelitian ini menyelidiki hubungan antara kecemasan mahasiswa KPL jurusan Pendidikan Bahasa Inggris selama praktik mengajar dengan tipe-tipe kepribadian mereka, yaitu big five personality: openness, conscientiousness, extroversion, agreeableness, dan neuroticism. Subyek penelitian ini adalah 47 mahasiswa KPL dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang yang melakukan praktik mengajar pada tahun akademik 2019-2020 selama 6 minggu oleh. Peneliti menggunakan dua instrumen yang telah diadaptasi: Student Teacher Anxiety Scales (STAS) dari Hart (1987), Morton , Vesco, Williams, dan Awender (1997), dan Paker (2011); serta Big Five Inventory (BFI) dari John dan Srivastava, (1999), dan Arif, Rashid, Tahira dan Akhter (2012). Peneliti juga melakukan uji validasi instrument kepada seorang ahli, kemudian melakukan uji coba instrument kepada mahasiswa KPL. Uji korelasi Pearson digunakan untuk mengeksplorasi hubungan antara variabel-variabel ini. Temuan uji korelasi antara kecemasan mengajar mahasiswa KPL dan seluruh tipe kepribadian mereka diperoleh hasil -0,103 dengan nilai signifikansi 0,493 (p <0,05). Sementara itu, hasil tes korelasi dari empat tipe kepribadian lainnya tidak memiliki hubungan linier dengan kecemasan mengajar mahasiswa KPL adalah sebagai berikut: openness diperoleh -0,196 dengan nilai signifikansi 0,186, conscientiousness diperoleh -0,253 dan nilai signifikansi 0,086, extraversion diperoleh -0.214 dan nilai signifikansi 0,148, agreeableness diperoleh -0,091 dan nilai signifikansi 0,541. Untuk korelasi dari neuroticism, diperoleh 0,356 dengan nilai signifikansi 0,014 (p <0,05). Korelasi diklasifikasikan sebagai korelasi positif lemah. Temuan ini juga berarti bahwa jika semakin tinggi skor kecemasan mengajar mahasiswa KPL, maka semakin tinggi skor pula skor neuroticism. Menurut hasil penelitian ini, neuroticism memiliki korelasi dengan kecemasan mahasiswa KPL. Maka, perlunya bagi mahasiswa KPL untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang tidak dapat memicu kegugupan mahasiswa KPL. Persiapan pengajaran juga harus diberikan secara positif. Mahasiswa KPL harus menghilangkan faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya kecemasan pada mereka. Dosen pembimbing KPL sebagai pihak yang melatih mahasiswa KPL sebelum melakukan praktik mengajar diharapkan dapat mendorong mahasiswa KPL untuk mengantisipasi hal ini. Pihak universitas dapat menambahkan beberapa persiapan praktik pengajaran untuk mahasiswa KPL yang dapat meningkatkan sikap positif mereka dalam mengajar nanti. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan bisa menghubungkan kecemasan mahasiswa KPL dengan variabel karakteristik individu lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110112

Actions (login required)

View Item View Item