Teachers' leadership and students' motivation to learn English / Rizqi Khoirunnisa

Khoirunnisa, Rizqi (2020) Teachers' leadership and students' motivation to learn English / Rizqi Khoirunnisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khoirunnisa, Rizqi. 2019. Kepemimpinan Guru dan Motivasi Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris, Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. UtamiWidiati, M.A., Ph.D., (II) Dr. UtariPrabaAstuti, M.A. Keywords: kepemimpinan guru, motivasi, pembelajaran Bahasa Inggris Kepemimpinan seorang guru dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas dapat dilihat melalui beberapa hal yaitu idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, dan individualized consideration. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa kepemimpinan guru berhubungan dengan banyakhal yang mempengaruhi kesuksesan siswa dalam belajar. Namun, tidak banyak dari penelitian sebelumnya yang secara spesifik menyebutkan bagaimana hubungan antara kepemimpinan guru dengan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi hubungan antara kepemimpinan guru dengan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Dengan mengetahui hubungan antar dua variable ini, guru dapat mengatur strategi lebih baik dalam melakukan proses belajar di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan desain korelasi, yang didasarkan pada hasil kuesioner yang diberikan pada siswa. Dalam studi ini terdapat 167 siswa menjadi sampel dari penelitian ini yang berasal dari tiga daerah yaitu Kalimantan Barat, Sumatra Selatan dan Bali. Dua kuesioner digunakan dalam penelitian ini. Pertama, kuesioner tentang kepemimpinan guru, yang terdiridari 24 pertanyaan. Kedua, kuesioner tentang motivasi siswa yang terdiri dari 25 pertanyaan yang disusun berdasarkan teori yang dibahas pada penelitian ini. Hasil penelitian mengindikasikan adanya hubungan positif yang sedang antara kepemimpinan guru dengan motivasi siswa dalambelajar Bahasa Inggris. Koefisien korelasinya adalah 0.342. Ini berarti semakin tinggi kualitas kepemimpina guru, semakin baik pula motivasi siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris. Begitu pula sebaliknya, jika guru mempunyai kualitas kepemimpinan yang rendah, maka besar kemungkinan bahwa lambat laun siswa akan kehilangan motivasi dalam belajar Bahasa Inggris. Kesimpulannya, kepemimpinan guru mempunyai hubungan yang signifikan dengan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Apalagi, penelitian ini dilihat dari sudut pandang siswa yang selama ini jarang diperlihatkan melalui penelitian lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan pada guru untuk meningkatkan kompetensi sosial dan personalnya sebab siswa melihat guru sebagai contoh ideal seorang dewasa. Penting juga bagi kepalasekolah dan tim manajemen sekolah untuk mulai membiasakan diri dengan kegiatan coaching mentoring antara rekan sejawat dan melakukan refleksi rutin yang akan membantu guru untuk meningkatkan kualitas kepemimpinannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110110

Actions (login required)

View Item View Item