Learners' motivation: the experiences of EFL learners in the Indonesian ELT Context / Febrianus Jordyan Kalanit

Kalanit, Febrianus Jordyan (2019) Learners' motivation: the experiences of EFL learners in the Indonesian ELT Context / Febrianus Jordyan Kalanit. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kalanit, Febrianus Jordyan. 2019. Motivasi Siswa: Pengalaman Siswa EFL Pada Konteks ELT Di Indonesia. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Yazid Basthomi. M.A, (2) Dr. Mirjam Anugerahwati. M.A Keywords: motivasi, penelitian narrative Motivasi adalah kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan pekerjaan tertentu yang mungkin tidak dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya dan dorongan tersebut dapat muncul dari rasional orang tersebut atau keinginan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Mengenai area cakupan studi motivasi, teori-teori yang ada mungkin tidak dapat memberikan informasi yang cukup kepada pendidik, karena siswa berbeda. Memahami siswa dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi perbedaan tersebut. Dengan memahami siswa, guru mungkin dapat mengetahui kebutuhan khusus siswa. Dengan memahami siswa, guru dapat menemukan berbagai informasi seperti bagaimana siswa meningkatkan motivasi mereka, apa yang membuat siswa kehilangan motivasi mereka, dan bagaimana siswa mempertahankan motivasi mereka. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan bagaimana mahasiswa pascasarjana meningkatkan motivasi mereka, apa yang membuat mereka kehilangan motivasi, dan bagaimana mereka mempertahankan motivasi mereka. Penelitian ini merupakan penelitian naratif yang bertujuan untuk mengeksplorasi cerita dan pengalaman subjek penelitian. Dengan menggunakan penelitian naratif, peneliti dapat menjelaskan makna cerita dan peristiwa yang terjadi. Penelitian naratif memberikan pemahaman mendalam; penelitian naratif menumbuhkan pemahaman pendidik tentang siswa mereka, karena menawarkan kemungkinan bagi pendidik untuk melihat dan memahami siswa dengan cara yang berbeda. Analisis tematik diadopsi dalam penelitian ini untuk menemukan tema atau pola di balik bagaimana mahasiswa pascasarjana meningkatkan motivasi mereka, apa yang membuat mereka kehilangan motivasi mereka, dan bagaimana mereka mempertahankan motivasi mereka. Peserta penelitian ini adalah mahasiswa pascasarjana dari Universitas Negeri Malang. Mereka adalah siswa Pendidikan bahasa Inggris, dan mereka berasal dari kelas yang berbeda serta semester yang berbeda. Ada tujuh peserta dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, latar belakang budaya yang berbeda, dll. Studi ini mengungkapkan beberapa tema mengenai setiap pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini. Pertanyaan pertama adalah bagaimana mahasiswa pascasarjana meningkatkan motivasi mereka. Tema-tema yang muncul dalam temuan terkait dengan pertanyaan pertama adalah refleksi diri, tanggung jawab, rencana atau jadwal, target atau tujuan, perasaan positif, mata kuliah, dosen, keluarga, dan teman. Pertanyaan kedua adalah apa yang membuat mahasiswa pascasarjana kehilangan motivasi. Berbicara tentang apa yang membuat peserta kehilangan motivasi, tema yang muncul dari data adalah perasaan negatif, sikap negatif, dosen, dan mata kuliah. Pertanyaan penelitian ketiga adalah bagaimana mahasiswa pascasarjana mempertahankan motivasi mereka. Di bawah label ini, tema-tema yang muncul adalah Tujuan, Perasaan Positif, Pemikiran Positif, Tanggung jawab, dan Refleksi Diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110107

Actions (login required)

View Item View Item