A multiple case study on the international students who learn english at University Negeri Malang / Umbu Tonga

Tonga, Umbu (2020) A multiple case study on the international students who learn english at University Negeri Malang / Umbu Tonga. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RANGKUMAN Tonga, Umbu. 2019. Sebuah Studi Kasus Jamak terhadapMahasiswa Internasional yang Belajar Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D., Pembimbing II: Dr. Mirjam Anugerahwati, M.A. Kata Kunci: Studikasusjamak, mahasiswainternasional, Universitas Negeri Malang, belajarbahasaInggris di negara non penuturasli, terintegrasisecarabudaya dan akademik, proses penyesuaian dan adaptasi. Dewasaini, banyakpelajar di seluruh dunia meninggalkan negara asalmerekauntukmelanjutkanstudi di luar negeri dan mengejar masa depan yang menjanjikan. Banyak universitas yang telahmenyadarifenomenainimenyediakankelasinternasioanl dan mendirikankantorurusaninternasional. Universitas Negeri Malang (UM) membukakesempatanbagimahasiswainternasionaluntukmelanjutkanstudidenganmemberikanmerekabeasiswa dan menyediakan proses belajar dan pembelajaran yang berkualitas. Tiapmahasiswainternasional yang belajar di UM membawabudaya dan carabelajardari negara asalmereka. Untukmahasiswa yang belajarbahasaInggris di negara non penuturasliseperti Indonesia, merekamenghadapibeberapatantanganuntukterintegrasisecarabudaya dan akademis. Penelitianinimengobservasibagaimanamahasiswainternasionalyang belajarbahasaInggris di UM. Penelitianinidilakukandenganmengaplikasikanstudikasusjamakuntukmendapatkan data darimahasiswainternasional yang belajarbahasaInggris di UM. Mahasiswainternasionalpertamastudi difakultas Sastra Inggris, berasaldari Thailand. Mahasiswainternasionalkeduastudi di program magister pendidikan Bahasa Inggris,berasaldari Comoro.Mahasiswainternasionalketigastudi di program doktoralpendidikan Bahasa Inggris, berasaldari Libya.PenelitimenelaahbagaimanamerekabelajarbahasaInggrissebelummelanjutkanstudi di UM, bagaimanamerekaterintegrasidalambudayabaru dan belajar di UM, rintanganapa yang membuatmerekamenghadapikesulitandalamberkomunikasidalam proses belajar dan pembelajaran, dan apa yang merekalakukanuntukbelajarbahasaInggrisdenganbaik di UM. Penelitimengumpulkan data denganmelakukanwawancarabesertarekaman video. Semuapertanyaanwawancaratelahdivalidasi oleh Dr. E.D. Laksmi, M.Pd., M.A.Penelititidakhanyamewawancaraimahasiswainternasional, tetapi juga dosen yang mengajarimereka, temankelasmereka, dan stafPenelitian dan Pengembangan di the Office of International Affairs (OIA). Kemudian, penelitimentranskipwawancara, merangkumtranskipsiwawancara, dan menyortir data untukmenjawabpertanyaanpenelitian. Temuanpenelitian in menunjukkanbahwatiapsubyekpenelitianmemilikipengalamanbahasaInggris yang berbedakarenaumurmerekadan lamanyawaktubelajarbahasaInggris. Merekaberasaldari negara non penuturasli dan status bahasaInggrismerupakanbahasaasing di negara asalmereka. Ketikamerekaberada di negara asalmereka, merekahanyamenggunakanbahasaInggris di sekolahatauuniversitas dan jarangmenggunakanbahasaInggris di luarsekolah dan kampus. Untukterintegrasisecarabudaya dan akademis, mahasiswainternasionalharusmelalui proses penyesuaian dan adaptasi yang bisajadisangatmelelahkan dan menyenangkan. Merekamelihatbudaya di Malang melaluiperspektif agama yang membuatmerekamudahuntukberadaptasikarenasemuasubyekpenelitanmemeluk agama Islam. Merekatidakmenemukanperbedaanberartiantarabudaya di negara asalmereka dan Indonesia. Semuasubyekpenelitianmerasabahwaatmosfirakademik di UM cukupmenantangsehinggamembuatmerekaberjuangkerasuntukmenghadapinya. SemuasubyekpenelitiandapatberbicarabahasaInggriscukuplancartetapimerekamasihmembuatbeberapakesalahan tata bahasa dan aksenmerekadipengaruhi oleh bahasaaslimereka.Merekameghadapimasalahketikamerekamendengarinstruksidalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Kapanpunmerekamenghadapimasalah, temankelasmerekaselalubersediauntukmembantumereka agar merekadapatberadaptasisecaraakademis dan budaya. Dosen yang mengajarmerekadapatmelihatprogresmerekasejak semester awalhinggasaatpenelitianinidilakukan. StafPenelitian dan Pengembangan OIA menyatakanbahwamahasiswainternasionaldiharapkanuntukbergabungdalamkelas Bahasa Indonesia untukPenuturAsing (BIPA) yang kurikulumnyamengintegrasikanbudaya Indonesia. Selainitu, satu kali setiapbulanmerekamengadakanIndonesian Day yang diatur oleh mahasiswa yang magang di OIA untuksemuamahasiswainternasional di UM. SemuasubyekpenelitianmemilikicaramerekasendiriuntukbelajarbahasaInggrisdenganbaik. Merekamengembangkan dan meningkatkanbahasaInggrisdenganmendengarkanlaguberlirikbahasaInggris, berbicaradengantemansambilbermainpermainan, membacabuku, menonton video, dan berbicaradengan orang lain. Penelitimenyarankanmahasiswainternasionaluntukbelajartentang Indonesia, bahasa Indonesia, budaya Indonesia, dan sistem Pendidikan di UM sebelumdatangke Indonesia. Denganmengikutikelas BIPA, mahasiswainternasionaldiharapkanuntukbelajarbahasaInggris dan juga Indonesia secaraproporsionalsehinggamerekadapatberkomunikasi di dalam dan di luarkelas. Untukdosen yang mengajarmahasiswainternasional, disarankan agar hanyamenggunakanbahasaInggrisselama proses belajar dan pembelajarandalamkelas. Dosen juga dapatmemintamahasiswainternasionaluntukmembagikanlatarbelakangbudayamereka dan belajartentangbudaya Indonesia di matakuliahCross Cultural Understanding (CCU) di jurusan Sastra Inggris. Disarankankepadatemankelasmahasiswainternasionaluntukuntukmenjadirekanbelajar yang dapatmembantumerekauntukterintegrasisecarabudaya dan akademis. Untuk OIA, disarankan agar menyediakan tutor bagimahasiswainternasionalyang dapatmembantumereka di dalam dan di luarkelas. Disarankankepada UM untukmenyediakanatmosfirakademis yang ramahterhadapmahasiswainternasional. Semuainformasi dan pengumumanharusjuga tertulisdalambahasaInggris, banyakstaf yang bekerja di UM harusdapatberkomunikasidalambahasaInggris, dan mendirikansumberpendukungbagimahasiswainternasional. Untukpeneliti di masa depan yang maumelakukanpenelitiantentangmahasiswainternasional, diharapkan agar mengobservasikelas yang diikuti oleh mahasiswainternasionaluntuklebihmengetahuitentangbagaimanamerekabelajarbahasaInggrisdalamkonteksruangkelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110105

Actions (login required)

View Item View Item