Investigating demotivation in learning english among high school students in the indonesian efl context / Guldy Goes Gloria

Gloria, Guldy Goes (2020) Investigating demotivation in learning english among high school students in the indonesian efl context / Guldy Goes Gloria. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Gloria, Guldy Goes. 2019. Menginvestigasi Demotivasi dalam Belajar Bahasa Inggris oleh Murid Menengah Atas dalam Konteks EFL di Indonesia. Tesis, Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A., (2) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi, M.Pd. M.A Kata Kunci: demotivatsi, demotivators Di antara banyak faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran bahasa, motivasi memainkan peran paling penting. Banyak guru dan peneliti percaya bahwa motivasi adalah kunci keberhasilan belajar bahasa asing. Namun, motivasi bukan satu-satunya aspek yang relevan dalam proses pembelajaran Bahasa kedua. Ada sisi lain dari motivasi yang disebut demotivasi, keadaan atau kondisi peserta didik di mana mereka merasa kurang termotivasi dalam belajar yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Tidak seperti motivasi, demotivasi adalah topik yang kurang diteliti dalam bidang pembelajaran bahasa, terutama dalam pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang dapat menyebabkan siswa-siswa sekolah menegah atas di Indonesia merasa terdemotivasi (demotivators) dalam belajar Bahasa Inggris. Sebanyak 30 soal kuesioner tertutup dan satu soal kuesioner terbuka dibagikan kepada 117 siswa kelas dua belas. Wawancara kemudian dilakukan dengan lima siswa untuk memperluas hasil kuesioner Berdasarkan hasil penelitian ini, lima demotivator utama yang ditemukan: a) faktor-faktor terkait guru, b) konten dan bahan ajar, c) perspektif dan ketertarikan siswa terhadap Bahasa Inggris, d) lingkungan belajar, dan e) pengalaman terhadap kegagalan. Melalui kuesioner terbuka dan wawancara, tiga demotivator baru yang tidak termasuk dalam kuesioner tertutup ditemukan: a) kurangnya kepercayaan diri, b) kurangnya komunitas belajar, dan c) gangguan dengan bahasa asing lain yang dipelajari. Serupa dengan temuan penelitian tentang demotivasi sebelumnya di luar Indonesia, siswa-siswa di Indonesia menganggap faktor yang terkait dengan guru sebagai faktor yang paling menurunkan motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110104

Actions (login required)

View Item View Item