Elementary EFL students' responses towards teacher's verbal corrective feedback in verbal interaction / Baiq Raudatul Jannah

Jannah, Baiq Raudatul (2020) Elementary EFL students' responses towards teacher's verbal corrective feedback in verbal interaction / Baiq Raudatul Jannah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jannah, Baiq Raudatul. 2019. Respon Siswa Sekolah Dasar terhadap Umpan Balik Guru dalam Interaksi Verbal. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Furaidah, M.A, (II) Prof. Dr. Sri Racmajanti, Dip. TESL, M.Pd. Keywords: Siswa Sekolah Dasar, Eror, Umpan Balik Korektif, and Respon. Sekarang ini, bahasa Inggris tidak hanya menjadi mata pelajaran sekolah menengah atau di perguruan tinggi saja, akan tetapi bahasa inggris juga mulai diajarkan di level sekolah dasar. Bukan hanya itu, bahasa inggris juga mulai digunakan sebagai bahasa pengantar dalam mata pelajaran non-bahasa inggris di pendidikan sekolah dasar, sedangkan anak-anak tidak menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari. Oleh karena itu, siswa bisa saja membuat kesalahan dalam komunikasinya ketika belajar. Maka, respon siswa terhadap korektif feedback sangatlah menarik untuk diteliti. Respon siswa sudah seringkali diteliti sebelumnya, akan tetapi penelitian-penelitian sebelumnya berfokus pada konteks pendidikan menengah dan atas. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada mengkaji respon siswa sekolah dasar terhadap korektif feedback guru tidak hanya pada mata pelajaran bahasa Inggris, akan tetapi pada mata pelajaran konten juga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Laboratorium UM. Guru dan siswa kelas dua dari program kelas internasional berpartisipasi sebagai subjek untuk pennelitian ini. Peneliti dalam hal ini tidak memberikan treatment apapun kepada siswa dalam proses belajar dan mengajar. Kelas berjalan sebagaimana biasanya. Peneliti hanya mengobservasi proses belajar dan pembelajaran dan kemudian guru diwawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa umpan balik dari guru bisa dikatakan sangat efektif karena siswa merespon umpan balik dari gurunya dengan memperbaiki kesalahan mereka sebagaimana yang dicontohkan oleh guru mereka. Siswa menunjukan responnya dengan mengulang ketika guru memberikan umpan balik yang jelas yang berisikan bentuk yang benar dari kesalahan siswa. Apabila guru tidak memberikan umpan balik yang lengkap dan tersirat, maka siswa meresponnya dengan melakukan perbaikan mandiri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa seharusnya penggunaan bahasa Indonesia yang masih sering dilakukan oleh siswa harus mendapatkan perhatian lebih yaitu dengan cara guru memberikan umpan balik untuk memperbaiki kesalahan siswa tersebut. Terlebih ucapan atau kalimat-kalimat tersebut berulangkali diucapkan oleh siswa. Dan untuk peneliti selanjutnya, alangkah lebih baik melakukan penelitian di awal semester yang mana pada waktu ini pembelajaran masih berjalan dengan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110102

Actions (login required)

View Item View Item