The relationship beetwen motivation in learning english and grammar mastery toward writing ability / Nisa Mahbubah

Mahbubah, Nisa (2020) The relationship beetwen motivation in learning english and grammar mastery toward writing ability / Nisa Mahbubah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii RINGKASAN Mahbubah, Nisa. 2019. Hubungan antara Motivasi di dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dan Penguasaan Grammar terhadap Kemampuan Menulis. Tesis.JurusanPendidikanBahasaInggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Prof. Mohammad Adnan Latief, M.A., Ph.D (2) Dr. UtariPrabaAstuti,M.A. Kata Kunci: motivasi, pembelajaran, bahasa inggris, penguasaan grammar, kemampuan menulis Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara motivasi di dalam pembelajaran bahasa Inggris dan penguasaan grammar terhadap kemampuan menulis siswa serta mencari kontribusi variabel prediktor terhadap variabel kriterion. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan desain regresi berganda dan korelasi product moment dengan bantuan SPSS 22. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 129 (seratus dua puluh sembilan) siswa dari kelas sebelas SMAN 1 Martapura dan SMAN 1 Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Ada beberapa instrumen yang digunakan yaitu sebuah angket dan tes-tes. Angket digunakan untuk mengukur motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris baik dari dalam dirinya sendiri ataupun dari luar dirinya seperti keluarga, teman, dan lingkungan. Sementara, tes terdiri dari tes grammar (tata bahasa) dan tes menulis. Tes grammar digunakan untuk mengukur penguasaan grammar siswa. Tes menulis digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis khususnya paragraf recount. Kemudian, dalam rangka mengungkapkan hubungan antara variabel tersebut seluruh data dianalisis menggunakan metode regresi berganda dan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi di dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan penguasaan grammar (tata bahasa)terhadap kemampuan menulis (Rx1x2y=0,763,pada angka sig. 0,044 , dan R20,584). Hasil penelitian juga menunjukan bahwa ada hubungan yang kuat dan signifikan antara motivasi di dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan kemampuan menulis (Rx1y= 744 dengan angka sig. ,036). Hasil penelitian juga menunjukan hubungan yang sedang dan signifikan antara kemampuan grammar dan kemampuan menulis (Rx2y= , 528 pada angka sig. ,025). Hal ini bisa dilihat bahwa total kontribusi efektif dari variabel-variabel prediktor terhadap variabel kriterion berkontribusi sebesar 58,4%. Penemuan ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki tingkat menulis tinggi berasal dari motivasi mereka dan penguasaan grammar (tata bahasa). Sementara, kontribusi efektif motivasi terhadap kemampuan menulis adalah sebesar 31,69%. Dan kontribusi efektif penguasaan grammar terhadap kemampuan menulis adalah 26,71%. Faktor- ix faktor lain di luar motivasi dan penguasaan grammar berkontribusi sebesar 41,6 % terhadap kemampuan menulis. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel terkait yakni variabel motivasi dan variabel grammar terhadap kemampuan menulis siswa dan penelitian ini menerima bahwa motivasi berkontribusi lebih banyak daripada penguasaan grammar terhadap kemampuan menulis. Bagi siswa, disarankan untuk menambah dan menjaga motivasi mereka di dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Bagi peneliti selanjutnya, bisa meneliti variabel lain yang lebih berkontribusi kepada kemampuan menulis baik secara afektif dan kognitif. Disarankan pula untuk menambah instrumen lain selain pilihan ganda untuk tes seperti mengisi item yang kosong dan tes binari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110101

Actions (login required)

View Item View Item