English undergraduate students' attitudes towards plagiarism / Dwi Puji Septarini

Septarini, Dwi Puji (2020) English undergraduate students' attitudes towards plagiarism / Dwi Puji Septarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Septarini, Dwi Puji.. 2019. Sikap Mahasiswa S1 Jurusan Bahasa Inggris terhadap Plagiarisme. Tesis, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mohammad Adnan Latief, M.A., (II) Dr. Suharmanto, M.Pd. Kata Kunci: sikap mahasiswa, plagiarisme Plagiarisme telah menjadi isu yang sangat hangat di dunia pendidikan tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Selanjutnya, beberapa peneliti menemukan bahwa isu plagiarisme mungkin terjadi karena beberapa faktor. Mahasiswa S1 di semua Universitas di Malang diharuskan untuk lulus dalam mata kuliah penulisan skripsi (thesis writing) guna memberikan mahasiswa bekal kemampuan untuk menulis skripsi dengan mengikuti aturan penulisan akademik yang baik dan benar. Penulisan akademik ini memberikan beberapa kesulitan seperti menyediakan literatur atau sumber dengan menggunakan metode penulisan yang benar. Faktor lain yaitu sikap pribadi mahasiswa. Terjadinya plagiarisme diyakini merupakan cerminan dari sikap mahasiswa yang lemah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan topik plagiarisme yang berfokus pada sikap mahasiswa. Tujuan dari penelitian survei ini adalah untuk mengeksplorasi sikap mahasiswa S1 terhadap plagiarisme terutama mahasiswa S1 Jurusan Bahasa Inggris di Malang. Penelitian ini menggunakan desain survei yang berdasarkan pada data yang dikumpulkan dari kuesioner. Untuk mendapatkan hasil penelitian, peneliti menggunakan kuesioner Attitude Toward Plagiarism (ATP) yang diadopsi dari Mavrinac et. Al. (2010). Kuesioner tersebut terdiri dari 29 pernyataan yang mengukur tiga faktor sikap mahasiswa dengan 5 poin Skala Likert diikuti dengan karakteristik demografis siswa. 228 mahasiswa S1 dari Universitas terpilih di Malang menjadi subjek penelitian ini. Penelitian ini menganalisis hasil angket dalam konteks sikap siswa terhadap plagiarisme. Hasil ini disajikan dalam bentuk angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang menunjukkan sikap baik lebih banyak daripada yang menunjukkan sikap tidak baik. Hal ini berarti mereka tidak setuju terhadap tindakan plagiarisme terutama di dunia akademik. Meskipun begitu, mayoritas mahasiswa nampak sedikit bingung dalam menentukan sikap karena mayoritas hasil menunjukkan sikap moderat. Rendahnya kemahiran berbahasa dan kurangnya pengetahuan tentang konsep plagiarisme dan auto plagiarisme mencerminkan kemampuan mahasiswa yang terbatas dalam mereferensi dan parafrase tulisan orang lain. Sebagian besar mahasiswa menganggap plagiarisme terhadap karya sendiri bukan merupakan masalah yang serius. Dengan kata lain, beberapa sebab dapat menjadi pemicu untuk melakukan tindakan plagiarisme. Kurangnya informasi tentang hakikat plagiarisme dan tindakan yang termasuk dalam plagiarisme, bahasa yang tidak memadai dan keterampilan dalam menulis suatu karangan terutama kurangnya keterampilan mengutip dan parafrase, dan tekanan sosial akan mempengaruhi sikap siswa terhadap isu plagiarisme. Dari hasil tersebut, merupakan hal penting untuk menentukan bimbingan atau materi apa yang harus diberikan kepada siswa dalam mata kuliah penulisan skripsi ini. Investigasi lebih lanjut juga dapat dilakukan dalam mengulang penelitian ini dengan menggunakan desain penelitian yang berbeda yaitu metode penelitian eksperimental. Selain itu, instrumen dalam bentuk kuesioner dapat menyebabkan bias informasi. Oleh karena itu kemungkinan lain yang dapat disarankan oleh peneliti untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan instrumen tambahan seperti kuesioner dengan bentuk pertanyaan terbuka dan wawancara untuk mendapatkan hasil yang lebih dalam. Ide menarik terakhir yang dapat didiskusikan pada penelitian selanjutnya adalah menyelidiki penyebab utama yang mempengaruhi sikap siswa terhadap plagairisme, apakah masalah-masalah yang berkaitan dengan penguasaan bahasa, tekanan dari lingkungan sosial dan waktu, atau berkaitan dengan sikap pribadi mahasiswa. Penemuan dalam penelitian selanjutnya ini akan berguna dalam penentuan solusi yang tepat yang dapat diterapkan untuk mengurangi terjadinya tindakan plagiarisme di lingkungan academik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110100

Actions (login required)

View Item View Item