Improving primary teacher education students' writing performance using flipped classroom / Nurul Masyithah Rery

Rery, Nurul Masyithah (2020) Improving primary teacher education students' writing performance using flipped classroom / Nurul Masyithah Rery. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rery, Nurul Masyithah. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa PGSD Menggunakan Flipped Classroom. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) (1) Francisca Maria Ivone, M. A., Ph.D. (2) Dr. Niamika El Khoiri, S.Pd., M.A. Kata kunci: flipped classroom, proses menulis Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam menulis berbagai jenis teks fungsional panjang di mana dalam penelitian ini adalah deskriptif, prosedur dan menceritakan teks dengan menerapkan flipped classroom dikombinasikan dengan proses menulis yang melibatkan 36 mahasiswa. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa para mahasiswa ini menghadapi berbagai masalah dalam menulis dan kurangnya partisipasi aktif. Untuk menanggulangi masalah tersebut, peneliti mengimplementasikan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Flipped classroom itu sendiri difasilitasi oleh aplikasi CMS untuk kegiatan online yaitu Edmodo dan proses menulis sebagai jantung dari kegiatan kelas. Pada kegiatan online, para mahasiswa diminta untuk belajar, menonton, mencatat, membuat pertanyaan tentang materi yang diberikan pada aplikasi. Pada kegiatan kelas, mengikuti tahapan proses menulis, kegiatan dimulai dengan perencanaan yang meliputi membahas topik tertentu bersama dengan anggota kelompok, menyusun, merevisi dengan memberi dan menerima umpan balik dari teman dan mengedit dengan menerima umpan balik dari guru. Dalam mengumpulkan data, peneliti merancang tiga bentuk instrumen yaitu rubrik penilaian, rubrik penilaian sejawat dan kuesioner yang sebelumnya telahdivalidasi. Mengenai kegiatan yang disebutkan di atas, setiap mahasiswa dituntut untuk menghasilkan satu produk tulisan dari setiap jenis teks fungsional panjang per setiap minggu yang bertujuan untuk melihat peningkatan mahasiswa dari pertemuan ke pertemuan. Pada tahap perencanaan proses penulisan, mahasiswa diperintahkan untuk menilai kinerja teman-teman mereka sesuai dengan rubrik penilaian yang diberikan. Setiap minggu sebelum pertemuan yang akan datang, peneliti dan dosen melakukan refleksi tentang pertemuan sebelumnya yang dicatat oleh peneliti selama kegiatan kelas untuk mengurangi kelemahan dan meningkatkan kekuatan bersama dengan menilai mahasiswa menulis produk sesuai dengan rubrik penilaian. Setelah kedua penilai selesai menilai produk tulisan mahasiswa, peneliti menghitung inter-reliabilitas untuk memastikan bahwa kedua penilai memiliki perspektif yang sama dalam menilai produk. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom dan proses menulis yang dikombinasikan dengan aktivitas kolaborasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis berbagai jenis teks fungsional yang panjang. Ini telah berhasil memenuhi kriteria keberhasilan penelitian ini. Menurut data yang diperoleh, 88,89% dari mahasiswa mengalami peningkatan setidaknya 10 poin dibandingkan dengan produk penulisan awal mereka. Partisipasi aktif mahasiswa juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh skor rata-rata di atas 3,0 poin yang diperoleh dari rubrik penilaian teman sejawat. Kesimpulannya, penerapan flipped classroom berhasil meningkatkan kemampuan menulis dan kinerja mahasiswa dalam menulis berbagai jenis teks fungsional panjang. Oleh karena itu, praktisi yang mengalami masalah serupa, penerapan strategi ini dapat dipertimbangkan sebagai salah satu cara alternatif untuk menanggulangi masalah tersebut. Untuk penelitian lebih lanjut di bidang yang sama, disarankan untuk mengacu pada temuan penelitian ini sebagai salah satu referensi yang valid untuk melaksanakan penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110099

Actions (login required)

View Item View Item