The effects of genre-based approach using padlet on writing performance of EFL learners accross autonomy levels / Diah Maya Andina

Andina, Diah Maya (2019) The effects of genre-based approach using padlet on writing performance of EFL learners accross autonomy levels / Diah Maya Andina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andina, Diah Maya. 2019. Pengaruh pendekatan berbasis Genre menggunakan Padlet terhadap performa menulis siswa di seluruh tingkat otonomi. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono, Ph.D. (II) Prof. Utami Widiati, Ph.D. Kata kunci: Padlet, Pendekatan Genre, Menulis, Otonomi Perkembangan pengajaran menulis telah mendapatkan perhatian penting dalam konteks pembelajaran bahasa asing di abad ke-21. Secara umum, penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa telah membantu peserta didik mengembangkan keterampilan menulis. Sementara itu, hanya beberapa studi dalam pengajaran menulis melalui teknologi yang difokuskan pada alternatif untuk pendekatan pengajaran tertentu. Selanjutnya, sedikit perhatian telah diberikan pada pengintegrasian pendekatan berbasis genre (PBG) dengan teknologi untuk pengajaran menulis di tingkat universitas. Salah satu alat teknologi pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk mengakomodasi tulisan mereka di PBG adalah Padlet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh pendekatan berbasis genre menggunakan Padlet pada kinerja penulisan peserta didik pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing lintas tingkat otonomi. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Partisipan dalam penelitian ini adalah 46 mahasiswa jurusan Bahasa Inggris Universitas Riau Kepulauan. Ada dua kelompok yang digunakan dalam penelitian ini yang tidak dipilih secara acak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajar melalui PBG menggunakan Padlet sedangkan kelompok kontrol diajar melalui PBG dengan cara konvensional selama enam pertemuan. Kedua kelompok diajarkan melalui PBG dalam tahapan berikut: membangun konteks, menelaah model, latihan terbimbing, dan unjuk kerja mandiri. Instrumen penelitian adalah tes menulis, rubrik penilaian, dan angket tingkat otonomi peserta didik. Data dihitung dengan menggunakan statistik deskriptif melalui IBM SPSS Statistics 22 pada tingkat signifikansi 0,05. Temuan menunjukkan bahwa melalui PBG menggunakan Padlet, kualitas kinerja menulis peserta didik kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol yang diajar tanpa menggunakan Padlet. Dibandingkan dengan PBG dengan cara konvensional yang diterapkan pada kelompok kontrol, kegiatan penulisan menggunakan Padlet, yang terintegrasi ke dalam tahap PBG, telah menunjukkan kontribusi positif terhadap kinerja menulis peserta didik. Temuan lebih lanjut mengungkapkan bahwa kinerja menulis peserta didik yang diajar melalui PBG menggunakan Padlet dengan tingkat otonomi tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan tingkat otonomi rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat otonomi peserta didik berkontribusi pada kualitas kinerja menulis. Pengintegrasian Padlet ke dalam PBG harus dipertimbangkan dan menjadi alternatif dalam praktik mengajar menulis untuk meningkatkan suasana belajar dan meningkatkan kinerja menulis peserta didik secara positif. Selain itu, mengenai faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi kinerja menulis peserta didik termasuk tingkat otonomi peserta didik perlu dipahami dengan cermat oleh para guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110095

Actions (login required)

View Item View Item