The procedures of teaching reading comprehension in english classes at SMAN 1 Talun / Yuni Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

The procedures of teaching reading comprehension in english classes at SMAN 1 Talun / Yuni Wahyuningsih

Wahyuningsih, Yuni (2019) The procedures of teaching reading comprehension in english classes at SMAN 1 Talun / Yuni Wahyuningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih Y. 2019. The Procedures of Teaching Reading Comprehension in English Classes at SMAN 1 Talun. Master s Thesis English Department Graduate Program State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (2) Dr. Utari Praba Astuti M.A. Kata kunci langkah-langkah pengajaran membaca kelas bahasa Inggris SMAN 1 Talun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur yang digunakan oleh dua orang guru Bahasa Inggris di SMAN 1 Talun ketika mengajar membaca pemahaman (yaitu di tahap kegiatan pra-baca saat baca dan pasca baca). Subjek penelitian ini adalah dua orang guru bersertifikat. Guru A dan Guru B memiliki pengalaman mengajar selama dua puluh tahun. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi dan catatan lapangan untuk melengkapi aktivitas mengajar membaca pemahaman yang digunakan kedua guru tersebut. Temuan penelitian ini diringkas sebagai berikut. Di kegiatan pra-baca Guru A menjelaskan tujuan teks/genre lagu struktur teks yang terdapat dalam lirik lagu mencari kosakata sulit dan bertanya tentang jenis teks naratif. Di kegiatan saat baca Guru A meminta murid untuk mengidentifikasi tema/ topik pesan moral dan majas yang terdapat dalam sebuah lirik lagu yang sedang dibahas dan membaca membaca nyaring. Di kegiatan pasca baca Guru A meminta murid untuk menganalisis fitur struktur pesan moral dan menuliskan sinopsis cerpen. Di kegiatan pra-baca Guru B menjelaskan kepada murid pengertian ide pokok dan ide penjelas. Di kegiatan saat baca Guru B meminta siswa membaca nyaring mengisi rumpang tentang teks peninjau yang berjudul the Departed Movie Review the Lion King Movie Review and the Constant Gardener Movie Review. Di kegiatan pasca baca Guru B meminta siswa mencari ide pokok dan ide penjelas teks yang berjudul Perkenalan mendiskusikan kunci jawaban dari soal rumpang yang berjudul the Departed Movie Review the Lion King Movie Review and the Constant Gardener Movie Review dan meminta murid untuk mengoreksi pekerjaan rumah mereka tentang aktivitas yang mereka lakukan kemarin. Dari enam pertemuan dapat disimpulkan bahwa kedua guru tidak menggunakan prosedur standar seperti prosedur berbasis teks dan SQ3R. Akan tetapi mereka menggunakan prosedur di kegiatan pra-baca saat baca dan pasca baca dalam lima pertemuan meskipun satu pertemuan yang dilakukan Guru A tidak melakukan kegiatan pra-baca. Guru A langsung melakukan kegiatan saat baca. Mereka menggunakan prosedur mereka sendiri. Mereka menggunakan bermacam teks yang bervariasi untuk menghindari kebosanan dan membuat kelas semakin menarik. Beberapa saran diberikan kepada guru dan peneliti selanjutnya. Karena guru tidak mengadopsi langkah-langkah yang utuh dalam prosedur pembelajaran scientific dan SQ3R guru disarankan untuk mencoba menggunakan prosedur tersebut dalam pembelajaran membaca pemahaman. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengobservasi prosedur pembelajaran membaca pemahaman dengan lebih banyak pertemuan misalnya selama satu semester agar ditemukan prosedur pengajaran membaca pemahaman yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110094

Actions (login required)

View Item View Item