Citation practices in the introduction and discussion sections of Indonesian EFL students' research articles / Sabanta Azmah Bil Firdausi

Firdausi, Sabanta Azmah Bil (2019) Citation practices in the introduction and discussion sections of Indonesian EFL students' research articles / Sabanta Azmah Bil Firdausi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdausi, Sabanta Azmah Bil. 2019. Citation Practices in the Introduction and Discussion Sections of Indonesian Writers’ Research Articles. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A., (II) Prof. Dr. Nur Mukminatien, M.Pd. Kata kunci: Artikel Penelitian, Penggunaan Kutipan, Tipe Kutipan, Fungsi Kutipan, Reporting Verbs, Mahasiswa Bahasa Inggris Untuk membangun sebuah lingkungan penelitian, mahasiswa S1 saat ini dituntut untuk menulis artikel penelitian sebagai salah satu syarat kelulusan. Di antara banyaknya aspek yang bisa membuat artikel penelitian persuasif adalah kutipan. Namun, tidak dipungkiri bahwa penggunaan kutipan mendapat perhatian yang kurang selama proses penulisan artikel. Padahal, penggunaan kutipan akan berpengaruh pada persuasif/tidaknya artikel tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahuin bagaimana penggunaan kutipan ditilik dari tipe, fungsi, dan reporting verb dalam artikel penelitian yang ditulis oleh mahasiswa Indonesia jurusan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan linguistik korpus. Korpus terdiri dari 34 artikel penelitian yang ditulis oleh mahasiswa bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Kutipan di bagian pendahuluan dan diskusi diambil sebagai data penelitian. Kemudian, data tersebut dianalisa secara manual dan juga menggunakan piranti lunak bernama AntConc dan MorphAdorner. Hasilnya, penggunaan tipe kutipan didominasi oleh integral verb baik di bab pendahuluan maupun diskusi sementara kemunculan integral naming dan non-integral diketahui berbeda di tiap bab. Untuk fungsi kutipan, bab pendahuluan didominasi kutipan sebagai pendukung terhadap klaim penulis sementara bab diskusi didominasi oleh kutipan sebagai perbandingan terhadap sumber-sumber dengan temuan yang sama. Untuk reporting verbs, secara keseluruhan terdapat 47 jenis. Baik di bab pendahuluan maupun diskusi didominasi oleh penggunaan kata state/stated. Latar belakang budaya dan ilmu penulis, posisi penulis, kurang cukupnya pengetahuan tentang kosakata evaluative dan topic penelitian sangat diyakini menjadi penyebab terjadinya tren tersebut dalam mengutip. Oleh sebab itu, disarankan agar para siswa disosialisasikan pada matakuliah yang berkenaan dengan penulisan karya ilmiah dalam bahasa Inggris yang terdapat pengajaran tentang kutipan di dalam kurikulumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110093

Actions (login required)

View Item View Item