Improving students' opinion essay writing through open learning e-portfolio / Dita Grace

Grace, Dita (2019) Improving students' opinion essay writing through open learning e-portfolio / Dita Grace. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Grace, Dita. 2019. Mengembangkan Penulisan Mahasiswa Esai Opini melalui E-Portfolio OpenLearning. Thesis, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan dan Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo, M.A., (II) Dr. Sintha Tresnadewi, M.Pd. Kata kunci: menulis, e-portfolio, OpenLearning, esai opini Menulis merupakan hal yang sangat menantang bagi pembelajar bahasa kedua untuk dikuasai. Kesulitan pemelajaran bahasa kedua dibidang menulis tidak berhenti dalam mengutarakan sebuah ide, tapi juga menuliskan ide ke dalam teks. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana e-portfolio mengembangkan esai opini mahasiswa menggunakan OpenLearning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Responden merupakan 20 orang mahasiswa yang berada di Universitas Kanjuruhan, Malang. Instrumen peneltian diantaranya test menulis mahasiswa, kuesioner checklist dan lembar observasi. Kriteria sukses dari 90% mahasiswa menghasilkan 70 poin dan 90% lannya puas melalui lembar ceklist. Ada beberapa langkah dari pengaplikasian e-portfolio OpenLearning yang telah meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa berikut ini. Pertama, pengajar memperkenalkan situs OpenLearning lalu mahasiswa dapat mengeksplorasi lebih lanjut tentang aktivitas yang tertera. Lalu, setiap materi yang ada di situs OpenLearning, sehingga mahasiswa dapat menggunggah esai opini mereka. Selanjutnya, mereka bisa memberikan saran sebagai umpan balik diantara mahasiswa berkenaan dengan esai yang telah diunggah. Lalu, pengajar juga memberikan umpan balik dalam bentuk penyatuan esai yang juga sebagai bentuk memperkuat kemampuan mahasiswa. Pada akhirnya, mereka bisa memperbaiki kembali hasil esai yang telah diberikan saran dalam bentuk esai terakhirnya. Dari penelitian didapatkan beberapa empat poin. Pertama, temuan mengungkapkan tahapan dari e-portfolio dalam menulis menggunakan OpenLearning telah mengalami peningkatan. Kedua, pengamat mencatat bahwa strategy menggunakan e-portfolio dalam kelas menulis dinyatakan implementasi baik. Ketiga, hasil dari tes menulis menunjukkan bahwa semua mahasiswa melewati batas lulus yang ditetapkan yakni 70. Keempat, lembar ceklist menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiwa dapat mengembangkan tulisan melalui penggunaan e-portfolio dalam tiap pertemuan. Dari temuan, e-portfolio memberikan beberapa sara terhadap para dosen dan peneliti di kemudian hari. Dengan menggunakan e-portfolio di dalam kelas menulis, dosen bisa melihat perbedaan esai di kurun waktu yang berbeda. Lalu, para mahasiswa mendapat nilai semaking baik melalui pengembangan esai setelah beberapa kali mendapat perlakuan e-portfolio. Lalu, website OpenLearning merupakan pembelajaran online yang baik untuk kelas pengajaran bahasa Inggri yang mana tidak terbatas terhadap penggunaan mata kuliah apappun. Untuk penelitian masa depan, peneliti bisa membangun area lain dari pengajaran bahasa Inggris yang mana berencana menggunakan OpenLearning dan strategi e-portfolio dengan memakai variable yang berbeda, perlakuan, dan metode riset.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110092

Actions (login required)

View Item View Item