Process approach to writing under quantum learning scheme: evidence in improving students' ability in writing an explanation text / Irfan Masrur

Masrur, Irfan (2019) Process approach to writing under quantum learning scheme: evidence in improving students' ability in writing an explanation text / Irfan Masrur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Masrur, Irfan. 2019. Pendekatan Proses Menulis Melalui Skema Quantum Learning: Bukti dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Explanation. Tesis, Jurusan Sastra Inggris, Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Pembimbing: (1) Dr. Enny Irawati, M.Pd., (2) Prof. Dr. H. Gunadi Harry Sulistyo, M.A. Kata kunci: process approach to writing, Quantum Learning, writing ability Rumitnya menulis mampu membuat pelajar bahasa Inggris menghadapi kesulitan dalam menulis, bahkan mampu membuat mereka enggan untuk menulis. Guru bahasa Inggris harus mengadopsi atau mengadaptasi strategi belajar mengajar untuk menyelesaikan masalah siswa dalam menulis. Proses menulis diimplementasikan sebagai sebuah pendekatan dalam pengajaran menulis untuk setiap tingkat siswa berulang kali. Sama halnya model pembelajaran Quantum Learning adalah strategi pembelajaran yang telah sering diterapkan dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Kedua strategi pembelajaran, proses penulisan dan strategi Quantum Learning ternyata memiliki kesamaan dalam tahapan atau prosedur dalam mengimplementasikannya dalam pengajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, integrasi kedua strategi tersebut dibuat untuk diimplementasikan dalam penelitian ini sebagai sebuah inovasi strategi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengadaptasi model siklus yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggert (1988). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Nurul Jadid yang berlokasi di Paiton, Probolinggo, Jawa Timur. Prosedur penelitian mencakup melakukan studi pendahuluan, perencanaan, implementasi, pengamatan, dan refleksi. Prosedur penerapan proses menulis melalui skema Quantum Learning mengikuti langkah-langkah proses menulis sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Miller (2006) dan Stein, Israel, dan Washington (2008) meliputi perencanaan, penulisan naskah awal, penyuntingan, dan penulisan naskah akhir. Kemudian proses penulisan diintegrasikan dengan kerangka kerja Quantum Learning yang ditunjukkan oleh DePorter, Reardon, dan Singer-Nourie (2014) yang mencakup tanamkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi proses menulis dengan Quantum Learning dapat membuat tulisan siswa lebih baik dan membuat siswa berpartisipasi aktif selama proses belajar mengajar. 93% siswa mendapat skor lebih baik dalam post-test yang dilakukan setelah penerapan strategi dibandingkan dengan skor menulis yang diperoleh pada pre-test sebelum strategi diimplementasikan. Selain itu, berdasarkan kuesioner, semua siswa setuju bahwa strategi yang diterapkan, pendekatan proses menulis melalui skema Quantum Learning, membantu mereka dalam menulis dan membuat mereka lebih percaya diri dalam menulis. Pendekatan proses menulis melalui skema Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa, temuan ini mendukung beberapa penelitian sebelumnya yang menemukan pendekatan proses menulis dapat membantu peserta didik dalam menulis. Implementasi pendekatan proses menulis melalui skema Quantum Learning dapat membuat tulisan siswa XI IPS 1 lebih baik karena mereka memahami proses dan apa yang harus dilakukan dalam setiap langkah penulisan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110091

Actions (login required)

View Item View Item