The contribution of social media status updates frequency to students' argumentative writing skills across gender / Elsa Marina Desiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

The contribution of social media status updates frequency to students' argumentative writing skills across gender / Elsa Marina Desiarti

Desiarti, Elsa Marina (2019) The contribution of social media status updates frequency to students' argumentative writing skills across gender / Elsa Marina Desiarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Desiarti Elsa Marina. 2019. Kontribusi Frekuensi Menulis Status di Media Sosial terhadap Kemampuan Menulis Argumentatif Siswa lintas Gender. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M.Pd. (II) Prof. Mohammad Adnan Latief M.A. Ph.D. Kata Kunci Media Sosial Menulis Status Frekuensi Kemampuan Menulis Argumentatif Saat ini mahasiswa menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk mengakses media sosial. Salah satu aktivitas yang sering mereka lakukan adalah menulis status. Peneliti menduga bahwa aktivitas ini mungkin berkontribusi pada kemampuan menulis argumentatif. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab sebuah rumusan masalah Apakah semakin sering mahasiswa menulis status di media sosial semakin baik atau semakin buruk kemampuan menulis argumentatif yang mereka miliki Jika hasil penilitian ini menunjukkan kontribusi yang signifikan penelitian ini menambahkan dua sub-rumusan masalah Apakah semakin sering mahasiswa laki-laki menulis status di media sosial semakin baik atau semakin buruk kemampuan menulis argumentatif yang mereka miliki dan Apakah semakin sering mahasiswa perempuan menulis status di media sosial semakin baik atau semakin buruk kemampuan menulis argumentatif yang mereka miliki Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi dua arah karena penelitian ini dimaksudkan untuk terbuka pada dua arah hasil penelitian yaitu apakah frekuensi menulis status di media sosial berkontribusi positif atau negatif terhadap kemampuan menulis argumentatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah akun Instagram dan tes menulis argumentatif. Penelitian ini menggunakan Instagram sebagai media sosial pilihan dan menerapkan tes kecakapan untuk mengukur kemampuan menulis argumentatif yang meliputi lima aspek isi organisasi kosakata tata bahasa dan mekanika penulisan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester satu jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang (N 360) dan subyek yang terlibat berasal dari dua kelas dari jurusan tersebut (N 100). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin sering mahasiswa menulis status di media sosial tidak berkontribusi pada semakin baik atau semakin buruk kemampuan menulis argumentatif yang mereka miliki. Hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi (r 0.1811) dengan menerapkan Pearson Product Moment yang tidak dapat menolak hipotesis nol (r 0.1966). Hasil penelitian ini menentang kedua arah dari penelitian terdahulu tentang keterlibatan media sosial dalam menulis. Sementara itu dua sub-rumusan masalah yang berkenaan dengan gender tidak dapat dilanjutkan karena hasil penelitian ini tidak menunjukkan kontribusi yang signifikan. Bedasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru Bahasa Inggris untuk mengajak siswanya lebih banyak membaca sebelum menulis esai argumentatif dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperbaiki kriteria inklusi data.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110090

Actions (login required)

View Item View Item