The utilization of 9GAG's memes to portray EFL students' meme literacy: a pragmastylistic approach / Agnes Dian Purnama - Repositori Universitas Negeri Malang

The utilization of 9GAG's memes to portray EFL students' meme literacy: a pragmastylistic approach / Agnes Dian Purnama

Purnama, Agnes Dian (2019) The utilization of 9GAG's memes to portray EFL students' meme literacy: a pragmastylistic approach / Agnes Dian Purnama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Purnama A. D. 2019. The Utilization of 9GAG s Memes to Portray EFL Students Meme Literacy A Pragmastylistic Approach. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Prof. A. Effendi Kadarisman Drs. M.A. Ph.D. (2) Dr. Furaidah M. A. Kata Kunci 9GAG Memes literasi pendekatan pragmastilistika kreativitas sehari-hari Borderland Discourse Studi ini menyelidiki kemampuan mahasiswa EFL dengan memanfaatkan fitur pragmastilistika yang terdapat pada meme dalam aplikasi seluler 9GAG. Meme yang digunakan dalam penelitian ini dapat dianggap sebagai contoh kreativitas berbahasa yang membahas tentang kehidupan sehari-hari dan juga bisa dianggap sebagai Borderland Discourse. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah (1) mahasiswa EFL dapat mengidentifikasi fitur pragmastilistika yang terdapat dalam meme 9GAG (2) tingkat literasi meme 9GAG mereka berdasarkan pada nilai tes literasi yang diperoleh. Desain deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian sebagai bentuk pengaturan alami selama proses penelitian berlangsung. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner wawancara dan 9GAG s Memes Literacy Test dan ada 32 peserta yang terlibat dalam penelitian ini. Mahasiswa diminta untuk mengisi kuesioner sebelum dan sesudah menyelesaikan tes. Kemudian skor siswa yang diperoleh dianalisis dan diberi peringkat untuk menentukan tingkat literasi meme 9GAG setiap mahasiswa. Sementara itu wawancara digunakan sebagai detail pendukung untuk mengatahui tentang persepsi dosen terhadap penggunaan perangkat teknologi di dalam kelas. Analisis data mengungkapkan bahwa mahasiswa terbiasa dengan keberadaan meme dalam bentuk gambar dan juga dalam memanfaatkan produk hasil dari kemajuan teknologi (Internet situs jejaring sosial meme gambar) sebagai bagian dari kehidupan mereka sehari-hari. Secara umum mahasiswa dapat dianggap memiliki tingkat literasi meme yangbaik. Anggapan tersebut bersumber pada perolehan hasil akhir setelah analisis dan penyusunan peringkat literasi mahasiswa selesai dilakukan. Akan tetapi selama proses klasifikasi meme 9GAG berdasarkan fitur pragmastilistika mahasiswa hanya dapat mencapai skor tinggi dalam mengidentifikasi analogi sarkasme dan diksi. Dengan demikian penggunaan 9GAG s Memes Literacy Test dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk mengetahui pemahaman mahasiswa tentang fitur pragmastilistika

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110089

Actions (login required)

View Item View Item