Ratnawati, Hestin (2014) Sikap bahasa guru non-bahasa Indonesia SMP Negeri di Kota Malang terhadap bahasa Indonesia dan pendidikan bahasa Indonesia di sekolah / Hestin Ratnawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ratnawati Hestin. 2014. Sikap Bahasa Guru Non-Bahasa Indonesia SMP Negeri di Kota Malang terhadap Bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah. Tesis. Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M. Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani M. Pd. Kata kunci sikap bahasa sikap bahasa guru non-BI bahasa Indonesia pendidikan bahasa Indonesia Sumpah Pemuda yang dicetuskan oleh para pemuda di tahun 1928 telah melahirkan sumpah suci yang memberikan landasan bagi kesadaran kita untuk bersatu dalam bertanah air berbangsa dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Pernyataan yang terkandung dalam sumpah ketiga itu telah menempatkan bahasa Indonesia pada kedudukan yang terhormat yaitu sebagai bahasa nasional. Menyadari hal tersebut maka penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk bersikap positif terhadap bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan sikap bahasa guru non-Bahasa Indonesia SMP Negeri di Kota Malang terhadap bahasa Indonesia di sekolah dan (2) mendeskripsikan sikap bahasa guru non-Bahasa Indonesia SMP Negeri di Kota Malang terhadap pendidikan bahasa Indonesia di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Mixed Methods (metode gabungan/campuran). Strategi penelitian yang digunakan peneliti adalah strategi Triangulasi Konkruen yakni strategi metode campuran yang mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif secara konkruen (dalam satu waktu) kemudian membandingkan dua database ini untuk mengetahui apakah ada konvergensi perbedaan-perbedaan di antara keduanya. Data dikumpulkan dengan mengguna-kan instrumen berupa angket (pendekatan kuantitatif) dan instrumen berupa wawancara (pendekatan kualitatif). Penelitian ini menggunakan 93 orang responden dan 93 orang informan yang berasal dari enam lokasi SMP Negeri di Kota Malang. Analisis data yang digunakan didasarkan pada dua sumber data yang telah dianalisis sebelumnya yaitu analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik dan analisis kualitatif dengan menggunakan analisis reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan didapatkan hasil analisis dari dua sumber data tersebut analisis selanjutnya diarahkan pada analisis gabungan dari dua sumber data tersebut. Analisis ini disebut Concruent Data Analysis. Penelitian ini membatasi populasi hanya pada guru non-BI dari SMP Negeri di Kota Malang. Karena obyek yang akan diteliti dan sumber data pada penelitian ini sangat luas maka teknik sampling yang sesuai dengan kondisi di atas menurut pertimbangan peneliti adalah teknik Cluster Sampling (Area Sampling). Dengan melihat kebutuhan akan teknik sampling seperti yang telah dinyatakan di atas maka pada tahap pertama teknik sampling yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu yang dimaksud peneliti yaitu berdasarkan (1) jauh/dekatnya lokasi SMP Negeri dengan pusat Kota Malang dan (2) rata-rata nem dari input yang diterima. Sedangkan tahap kedua adalah menentukan guru non-BI (menentukan sumber data) secara sampling juga yaitu dengan teknik Disproportionate Stratified Random Sampling. Teknik ini digunakan untuk menentukan jumlah sampel bila populasi berstrata tetapi kurang proporsional. Hal itu karena jumlah guru no-BI yang dimiliki tiap-tiap SMP Negeri tersebut tidak sama. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) triangulasi data yang dilakukan dengan cara menggabungkan data angket dan data hasil wawancara dan (2) pemeriksaan teman sejawat. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 2 (dua) simpulan sekaligus yang menjawab kedua rumusan penelitian. Pertama sikap bahasa guru non-BI terhadap bahasa Indonesia pada umumnya masih sangat baik karena rata-rata skor yang dihasilkan oleh responden adalah sebanyak 3 40 (Sangat Baik). Angka tersebut diperoleh dari rata-rata yang dihasilkan oleh keenam sampel daerah. Kedua sikap bahasa guru non-BI terhadap pendidikan bahasa Indonesia pada umumnya juga masih sangat baik karena rata-rata skor yang dihasilkan oleh responden adalah sebanyak 3 33 (Sangat Baik). Angka tersebut diperoleh dengan cara yang sama dengan simpulan pertama. Hasil wawancara terhadap informan juga menunjukkan sikap bahasa yang positif guru non-BI SMP Negeri di Kota Malang terhadap bahasa Indonesia dan pendidikan bahasa Indonesia (mendukung hasil angket). Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama guru non-Bahasa Indonesia hendaknya selalu mempertahankan dan terus mengembangkan sikap bahasa yang positif terhadap bahasa Indonesia dan pendidikan bahasa Indonesia sehingga siswa akan melihat dan mencontoh penggunaan bahasa Indonesia mereka. Kedua siswa sebaiknya tetap teguh menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah walaupun ada beberapa guru non-Bahasa Indonesia di sekolahnya yang menunjukkan sikap bahasa yang kurang positif terhadap bahasa Indonesia dan pendidikan bahasa Indonesia. Ketiga kepala sekolah hendaknya juga selalu mempertahankan dan terus mengembangkan sikap bahasa yang positif terhadap bahasa Indonesia dan pendidikan bahasa Indonesia sehingga guru non-BI dan siswa akan menjadikan kepala sekolah tersebut sebagai teladan dalam penggunaan bahasa Indonesia baik secara lisan maupun tulis. Keempat guru Bahasa Indonesia hendaknya tidak pernah bosan untuk memberi contoh (teladan) dalam penggunaan bahasa Indonesia dan selalu menunjukkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Kelima peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian berikutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/109353 |
Actions (login required)
View Item |